Rudal Mendarat di sekitar Gedung Konsulat AS di Irak

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebanyak 12 rudal balistik telah menghantam ibu kota wilayah Kurdi utara Irak, Erbil, dengan beberapa laporan menunjukkan beberapa mendarat di dekat gedung konsulat AS.

Seorang pejabat AS mengatakan rudal diluncurkan dari negara tetangga Iran pada Minggu pagi, tetapi tidak ada laporan tentang korban.

Pejabat di Irak dan AS memberikan laporan kerusakan yang berbeda. Seorang pejabat AS mengatakan tidak ada kerusakan dan tidak ada korban di fasilitas pemerintah AS mana pun, dan tidak ada indikasi bahwa sasarannya adalah gedung konsulat, yang baru dan saat ini kosong.

Seorang pejabat Irak di Baghdad pada awalnya mengatakan beberapa rudal telah menghantam konsulat dan itu adalah target serangan. Kemudian, Lawk Ghafari, kepala kantor media asing Kurdistan, mengatakan tidak ada rudal yang mengenai fasilitas AS tetapi daerah di sekitar kompleks itu telah terkena.

Seorang pejabat pertahanan AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan tidak pasti berapa banyak rudal yang ditembakkan dan di mana mereka mendarat. Seorang juru bicara departemen luar negeri AS menyebutnya sebagai "serangan keterlaluan terhadap kedaulatan Irak dan menunjukkan kekerasan".

Kementerian kesehatan di Erbil mengatakan tidak ada korban jiwa.

“Beberapa rudal jatuh di kota Erbil,” kata Gubernur Erbil Omid Khoshnaw, dikutip oleh kantor berita Irak INA.

Gubernur mengatakan tidak jelas apakah target yang dimaksud adalah konsulat AS atau bandara, di mana ada pangkalan untuk koalisi pimpinan AS yang memerangi kelompok Negara Islam.

"Kami mengutuk serangan teroris yang diluncurkan terhadap beberapa sektor Erbil, kami meminta penduduk untuk tetap tenang," kata Perdana Menteri Kurdistan Masrour Barzani dalam sebuah pernyataan.

Serangan itu terjadi beberapa hari setelah serangan Israel di dekat Damaskus, Suriah menewaskan dua anggota Garda Revolusi Iran.

Kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah Iran mengutip media Irak yang mengakui serangan itu, tanpa mengatakan dari mana asalnya.

Saluran siaran satelit Kurdistan24, yang terletak di dekat konsulat AS, mengudara dari studio mereka tak lama setelah serangan itu, menunjukkan pecahan kaca dan puing-puing di lantai studio mereka.

Di masa lalu, pasukan AS yang ditempatkan di kompleks bandara internasional Erbil mendapat kecaman dari serangan roket dan pesawat tak berawak yang oleh pejabat AS disalahkan pada kelompok-kelompok milisi yang bersekutu dengan Iran, tetapi tidak ada serangan semacam itu yang terjadi selama beberapa bulan.

Seorang juru bicara otoritas regional mengatakan tidak ada gangguan penerbangan di bandara Erbil.

Tidak ada klaim tanggung jawab segera.

Warga Erbil memposting video online yang menunjukkan beberapa ledakan besar, dan beberapa mengatakan ledakan itu mengguncang rumah mereka. Reuters tidak dapat memverifikasi video tersebut secara independen.

Irak telah diguncang oleh ketidakstabilan kronis sejak kekalahan kelompok Islam Sunni Negara Islam pada tahun 2017 oleh koalisi longgar pasukan Irak, yang dipimpin AS dan yang didukung Iran.

Partai-partai politik Irak, yang sebagian besar memiliki sayap bersenjata, juga terlibat dalam pembicaraan tegang mengenai pembentukan pemerintahan setelah pemilihan pada bulan Oktober.

Kelompok milisi Syiah yang dekat dengan Iran memperingatkan secara pribadi bahwa mereka akan menggunakan kekerasan jika mereka ditinggalkan dari koalisi yang berkuasa.

Musuh politik utama kelompok-kelompok itu termasuk saingan mereka yang kuat Syiah, ulama populis Muqtada al-Sadr, yang telah bersumpah untuk membentuk pemerintahan yang meninggalkan sekutu Iran dan termasuk Kurdi dan Sunni. (theguardian/dd)