Regulasi Cina Targetkan Fans Online dan Acara Pop untuk Ditindak Tegas

By Nad

nusakini.com - Internasional - Regulasi internet dan media Cina berjanji untuk menindak tegas perilaku kelompok penggemar yang "tidak sehat" setelah pendukung artis Kris Wu menyangkal tuduhan pemerkosaan yang jatuh kepadanya.

Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin, pada hari Kamis (5/8) mengatakan Administrasi Cyberspace Cina, yang meregulasi internet, telah menutup lebih dari 1.300 kelompok penggemar, mematikan 4.000 akun online, dan menghapus lebih dari 150.000 komentar "toxic" sebagai tindakan tegas untuk perilaku budaya penggemar yang "tidak sehat".

Komisi ini kemudian mengatakan kasus Kris Wu menunjukkan budaya penggemar yang buruk dan sudah mencapai momen kritis dan harus segera dibina kembali. Mereka menambahkan bahwa budaya penggemar itu "gila" dan "kesurupan setan".

Administrasi Radio dan TV Cina, yang meregulasi media, menyatakan mereka akan mengatur ulang acara-acara TV yang seolah-olah membangun pandangan "mendewakan selebriti". Mereka tidak menjelaskan bagaimana aturan ini akan dilakukan.

Kris Wu, salah satu bintang pop terbesar Cina, ditangkap pada awal bulan ini oleh kepolisian Beijing. Pihak berwajib mengatakan pria berusia 30 tahun ini dituduh "memikat wanita-wanita muda untuk berhubungan seksual", mereka juga menyatakan kasus ini masih dalam penyelidikan.

Kris menyangkal semua tuduhan ini melalui akun Weibonya dan agensinya pada saat itu mengumumkan mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap wanita yang menuduhnya melakukan kekerasan seksual. Mereka mengatakan tuduhan tersebut adalah "rumor jahat".

Namun, akun-akun media sosialnya, termasuk akun pribadinya dengan jumlah pengikut sebanyak 51 juta dan akun agensi miliknya, telah ditutup. Louis Vuitton, Bulgari, dan brand-brand ternama lainnya telah memutus kontrak dengan Kris setelah tuduhannya semakin membesar.

Banyak penggemar Kris yang membelanya. Kelompok-kelompok penggemar meminta brand-brand terkait untuk memberikan Kris "kesempatan lagi". Dewan disipliner mengatakan perilaku ini tidak sehat dan menunjukkan beberapa contoh ekstrim yang dilakukan para penggemar, termasuk mengadakan penggalangan dana untuk membantu proses hukum Kris atau merencanakan bagaimana cara Kris kabur dari penjara.