Real Madrid Klarifikasi Akan Tetap Ikut Piala Dunia Antarklub

By ommed


nusakini.com - Manajer Real Madrid akhirnya membuat pengumuman publik yang menegaskan mereka 'tidak pernah' pernah mempertimbangkan untuk tidak ambil bagian di Piala Dunia Antarklub dengan status sebagai juara Eropa. Carlo Ancelotti juga membuat klarifikasi setelah dia dikutip surat kabar Italia yang menyatakan Madrid tidak akan terlibat.

Dalam wawancara dengan Il Giornale Ancelotti menyatakan: “FIFA bisa melupakannya. Klub dan para pemain tidak akan berpartisipasi dalam turnamen itu. Satu pertandingan Real Madrid bernilai €20 juta, dan FIFA ingin memberi kami jumlah itu untuk keseluruhan turnamen. Tidak mungkin. Seperti kami, klub lain akan menolak undangan tersebut.”


“Real Madrid CF mengumumkan ikut bepartisipasi dalam Piala Dunia Antarklub baru yang akan diselenggarakan FIFA pada musim 2024/2025 mendatang,” demikian respons Madrid di laman resmi klub.

“Karena itu, klub akan berkompetiisi sesuai rencana. Dalam kompetisi resmi ini, kami hadapi dengan bangga dan penuh semangat untuk membuat jutaan fans kami di seluruh dunia bermimpi lagi dengan gelar baru.”

“Dalam wawancara saya dengan Il Giornale, kalimat saya tentang Piala Dunia Antarklub FIFA tidak ditafsirkan seperti yang saya inginkan,” tulis Ancelotti di akun X. “Tidak ada yang lebih menarik dari minat saya selain menolak kemungkinan bermain di turnamen yang saya inginkan. Pertimbangan ini bisa menjadi peluang besar untuk terus berjuang meraih gelar besar bersama Real Madrid.”


Piala Dunia Antarklub telah berubah, dan tidak lagi menjadi turnamen mini tahunan untuk tujuh tim (enam juara kontinental dan satu wakil tuan rumah) yang diadakan selama beberapa hari di bulan Desember.

Edisi berikutnya telah diperbesar menjadi 32 klub, dan diubah menjadi acara musim panas empat tahunan yang berlangsung sebulan penuh. Edisi perdana untuk perubahan ini akan dimulai pada Juni 2025.

FIFA juga telah meluncurkan Piala Interkontinental lama versi mereka sendiri, yang merupakan pengganti Piala Dunia sebelumnya, baik dari segi penjadwalannya sebagai acara tahunan di bulan Desember, maupun formatnya yang lebih kecil. Piala Interkontinental sebelumnya diadakan dari tahun 1960 hingga 2004, mempertemukan juara Eropa melawan juara Amerika Selatan sebelum akhirnya dikelola FIFA. (gi)