Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Gubernur Sumsel Resmikan Agrowisata Tanjung Sakti

By Abdi Satria


nusakini.com-Lahat-Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru meresmikan destinasi agrowisata baru di Sumsel bertempat di Desa Sindang Panjang, Kabupaten Lahat , Jum’at (30/10).

Objek wisata yang diberi nama Agrowisata Tanjung Sakti ini menawarkan keindahan air terjun lengkap dengan sejuta pesona alamnya berupa hamparan sawah dan derasnya aliran sungai yang nantinya diharapkan akan mampu memikat kedatangan pengunjung terlebih di ojek wisata tersebut dilengkapi dengan spot foto terbaik.  

Selain menyajikan keindahan alam serta sejuknya udara sekitar akan membuat decak kagum wisatawan. Apalagi letak air terjun Agro Wisata Tanjung Sakti ini terbilang mudah di jangkau dan sama sekali tidak dikenakan tarif masuk alias gratis bagi setiap pengunjung yang datang. 

Menurut Gubernur Provinsi Sumsel H. Herman Deru, hadirnya Agro Wisata Tanjung Sakti diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat Kabupaten Lahat. Sekaligus menjadi salah satu sektor yang turut andil dalam upaya pemulihkan ekonomi dimasa pandemi Covid-19. 

“Dampak positif yang kita harapkan dengan dibukanya destinasi wisata ini akan banyak sekali sektor informal yang menjadi hidup, dampaknya juga akan dirasakan oleh Kabupaten/Kota disekitarnya seperti Kota Pagaralam. kemudian pedagang bermunculan dimana-mana menandakan sumber ekonomi baru tumbuh disini,” tuturnya.  

Ia juga menyebutkan, saat ini pemerintah tengah fokus mengembangkan destinasi wisata di tiap-tiap wilayah, sehingga diharapkan menjadi tujuan alternatif bagin wisatawan dari berbagai daerah.  

“Pak Bupati, Saya titip ini untuk masalah keamanannya diutamakan. Sehingga pengunjung merasa nyaman. Nanti untuk souvenirnya bisa kolaborasi antara Lahat dan Pagaralam. Misalnya kopi, tenunan, maupun kulinerannya. Kita ingin ini menjadi alat dalam pemulihan ekonomi, khususnya di kabupaten/kota yang mengitari,” tambahnya  

Herman Deru mengakui saat ini akses infrastruktur di Kabupaten Lahat sudah mulus, dimana masyarakat dapat nyaman dan aman untuk sampai ke lokasi Agrowisata Tanjung Sakti.  

“Infrastruktur jalan sudah mulus, ayo seluruh masyarakat Sumsel, datang dan rasakan sendiri pesona Agrowisata Tanjung Sakti. Untuk Pak Harno Joyo terimakasih idenya yang sangat inovatif apalagi ini Gratis untuk umum. Point pentingnya adalah ibadah, yang kedua pemulihan ekonomi kita sama-sama bersyukur tempat ini menjadi destinasi wisata baru,” pungkasnya. 

Sementara Walikota Palembang H. Harno Joyo yang juga sebagai tokoh masyarakat Tanjung Sakti mengatakan, sebelumnya Agro Wisata Tanjung Sakti merupakan kampung disisi kanannya terdapat air terjun. Dimana saat dirinya masih kecil kerap kali mandi dilokasi itu. 

“Ahamdulillah dengan dukungan semua pihak termasuk keluarga. Keindahan alam di tempat ini. Sekarang juga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat,” katanya.  

Dengan dibukanya objek wisata baru ini, Harno Joyo berharap akan banyak pengunjung baik itu warga lokal ataupun dari luar daerah khususnya diakhir pekan atau dihari libur nasional. 

“Pesonanya yang tak pernah lekang membuat wisatawan betah berlama-lama ditempat ini, terlebih tidak ada biaya masuk yang dibebankan pada pengunjung. Akses ke lokasi menuju terbilang tidak sulit, karena bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dan lokasinya bisa ditemukan dengan mudah melalui google maps,” pungkasnya.(p/ab)