Produk UMKM Blora Tampil di Balai Sidang Jakarta Convention Center

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Sejumlah produk UMKM Kabupaten Blora tampil di pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi 2022, yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, mulai Rabu (20/7/2022) hingga Jumat (22/7/2022).

Pada pameran tersebut, berbagai produk, mulai kerajinan jati, kriya, batik, tekstil, aneka makanan kemasan, hingga yang paling khas adalah walang goreng ditampilkan UMKM Blora. Termasuk, sejumlah video potensi wisata dan UMKM lainnya, juga ditampilkan dalam layar televisi yang dipasang.

Bupati Blora Arief Rohman yang hadir berkesempatan hadir, mengaku senang dan bangga bisa melihat produk UMKM Blora tampil di ajang pameran nasional. Terlebih, ajang itu merupakan pameran UMKM terbesar se-Indonesia yang diikuti seluruh kabupaten anggota Apkasi.

“Ini menjadi momentum daerah untuk mempromosikan potensi daerahnya dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi. Tidak hanya pameran perdagangan produk UMKM, namun juga pariwisata dan investasi,” ungkap bupati.

Menurutnya, saat ini sektor pertumbuhan ekonomi yang cenderung stabil dan perlu didorong adalah UMKM. Untuk itu, sesuai pesan Presiden RI dan Mendagri, setiap kepala daerah harus mempunyai spirit membangun UMKM.

“Kondisi ekonomi dunia yang sedang tidak baik baik saja ini, hanya UMKM yang bisa bertahan untuk menopang pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh sebab itu, kota harus bangga dan beli produk UMKM asli Blora. Untuk para Diaspora Blora, mangga kita larisi produk lokal kita yang tidak kalah dengan daerah lain,” imbuh Mas Arief, sapaan akrabnya.

Bupati menyampaikan, selama pameran, panitia telah menyediakan e-katalog, yang berisi produk-produk UMKM Kabupaten Blora. Sehingga, pengunjung tidak hanya melihat produk yang ada di stand pameran, namun bisa scan barcode untuk memilih produk UMKM lainnya, dan terhubung langsung dengan para perajin.

“Di hari pertama, alhamdulillah banyak yang melirik produk UMKM Blora. Dan bahkan beberapa diborong para pejabat pusat, seperti Dirjen Dukcapil Kemendagri, yang membeli satu set kerajinan kursi gembol jati khas Blora,” jelasnya.

Pengrajin batik tulis Blora yang ikut Apkasi Otonomi Expo 2022 mengaku senang bisa turut berpartisipasi dalam expo tersebut. Dia berharap, produk kerajinan batik Blora bisa semakin luas dikenal dengan ciri khas potensi alam, serta seni budaya Blora.

“Beberapa kain batik saya ikut dipamerkan di JCC Senayan Jakarta, bersama produk teman-teman lainnya juga. Matur nuwun Pak Bupati, Bunda Ain Ketua Dekranasda, dan dinas terkait yang telah memberikan ruang bagi kami pelaku UMKM untuk mengikuti pameran. Semoga UMKM Blora semakin naik kelas,” ucapnya.(rls)