Prabowo Subianto Ucapkan Terima Kasih kepada Pemerintah yang Telah Memberikan Perhatian Besar kepada Pencak Silat

By Abdi Satria


nusakini.com-Bogor-Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia yang telah memberi perhatian besar terhadap cabang olahraga pencak silat. Perhatian tersebut dibalas dengan berbagai prestasi yang ditorehkan pencak silat ditingkat internasional.

“Utamanya saya sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, yang memberi perhatian besat kepada pencak silat,” kata Prabowo dalam Musyawarah Nasional IPSI di Hotel Aston, Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021).

Sebagaimana dalam marsnya, Prabowo menegaskan pencak silat merupakan bagian penting dalam kehidupan bangsa dan budaya Indonesia. Olahraga ini, menurutnya harus dijaga dan dilestarikan.

“Kita anggap ini tak sekadar olahraga, tapi pencak silat juga sebagai olah yudha (dalam kemiliteran),” jelasnya.

Prabowo Subianto yang juga kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI menyampaikan, kepengurusan dan atlet pencak silat harus memiliki akhlak yang baik.

“Bangsa yang lemah biasanya tidak bisa membela dirinya dan mudah dirampas, dan itu akan punah. Banyak bangsa yang punah sebelum sampai seratus tahun. Salah satu kekuatan bangsa adalah kekuatan kepribadiannya,” ujar Prabowo.

“Disinilah tugas pencak silat yang kita terima bahwa pencak silat melalui ini kita didik kepribadian, akhlak, jiwa serta raga. Pekerjaan masih berat cita-cita membantu mengangkat harga diri bangsa kita ingin bawa pencak silat ke Olimpiade dan kita butuh dukungan KONI, KOI, Kemenpora,” tambah Prabowo.

Dikesempatan yang sama, Ketum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan IPSI telah banyak melahirkan atlet juara pencak silat. Lahirnya atlet juara ini menunjukkan pembinaan pencak silat berjalan dengan baik.

“Sebagaimana keinginan kita bersama, pencak silat harus bisa menuju Olimpiade. Oleh karenanya, saya percaya dan yakin dibawah Pak Prabowo dan dukungan Menpora akan mengantarkan pencak silat ke Olimpiade. KONI Pusat memberi dukungan maksimal selaras apa yang diharapkan Menpora,” pungkas Marciano.(rls)