nusakini.com-Jakarta-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan penyelenggaraan Qurban di lingkungan Kementerian Keuangan menggambarkan semangat kolaborasi dan kepedulian dari seluruh jajaran. Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan peringatan perayaan Idul Adha 1443 H di lingkungan Kementerian Keuangan, Selasa (12/07) secara hybrid.

“Tahun ini penyembelihan hewan qurban dilaksanakan secara hybrid. Ini menunjukkan bahwa Indonesia dan dunia belum selesai menghadapi pandemi Covid-19,” tutur Menkeu.

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan bahwa semangat untuk melaksanakan ibadah qurban di lingkungan Kementerian Keuangan pada tahun ini menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Ini merupakan sesuatu perkembangan yang kita patut syukuri. Tentu ini juga menggambarkan semangat dari jajaran Kementerian Keuangan untuk melaksanakan ibadah, juga menggambarkan keinginan untuk berbagi,” ungkap Menkeu.

Menkeu menekankan bahwa ritual simbolis pada ibadah qurban penuh dengan makna, terutama jika dikaitkan dalam menjalankan tugas pengelolaan keuangan negara yang senantiasa dihadapkan pada berbagai tantangan dan cobaan.

“Saat ini kita dihadapkan lagi dengan cobaan yaitu lingkungan global yang bergejolak, juga dihadapkan pada cobaan bagaimana menyehatkan kembali APBN kita sesudah bekerja luar biasa keras menjaga rakyat dan perekonomian dari dampak pandemi dan memulihkan ekonomi serta kesejahteraan rakyat,” terangnya.

Menkeu juga berharap kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan agar senantiasa mampu memegang teguh nilai-nilai moral yang terkandung dalam pelaksanaan ibadah Qurban, terutama implementasinya dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari berupa sikap integritas yang harus terus dipelihara.

“Integritas itulah yang tidak pernah boleh dijual belikan. Integritas adalah kesetiaan terhadap sebuah nilai mulia yang menggambarkan perjuangan kita menjaga pikiran, hati, dan ibadah kita, yang kita yakini, juga harus terus-menerus kita bersihkan bahkan dari kepentingan pribadi, nafsu dan godaan dari luar,” kata Menkeu.

Sebagai penutup, Menkeu berpesan agar seluruh jajaran Kementerian Keuangan senantiasa dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan terus memelihara keimanan dan ketakwaan dengan menjaga keseimbangan antara hubungan dengan Tuhan dan hubungan sesama manusia.

“Marilah kita semuanya tidak henti-hentinya terus bersyukur atas berbagai nikmat, karunia, ridho dan lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'Ala. Terima kasih kepada seluruh pihak terutama panitia Qurban di lingkungan Kementerian Keuangan untuk terus menjaga, terus meningkatkan, serta memperbaiki moralitas seluruh jajaran Kementerian Keuangan. Moralitas untuk berbakti dan berjuang membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,“ tutupnya. (rls)