Penyumbang Atlet Nasional, Menpora Amali Dukung Pembangunan Stadion Sepakbola di Ambon

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mendukung rencana pembangunan stadion Sepakbola di Ambon, Maluku. Pasalnya, Ambon merupakan salah satu daerah penyumbang atlet-atlet elit nasional maupun internasional.

Hal ini disampaikannya saat menerima audiensi Wali Kota Ambon Provinsi Maluku Richard Louhenapessy dan jajarannya di ruang kerjanya, lantai 10, kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu (5/1). Turut hadir dalam pertemuan ini, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, Sekretaris Daerah Kota Ambon, Agus Ririmasse, Kadispora kota Ambon, Richars Luhukay dan Kepala Bappeda Enriko Matitaputy.

"Saya menerima Wali Kota Ambon Provinsi Maluku dan Wakil Wali Kota serta teman- teman dari pemerintah kota Ambon menyampaikan tentang kebutuhan fasilitas olahraga, khususnya di Kota Ambon dan Provinsi Maluku pada umumnya karena mendesak untuk segera ada stadion Sepakbola, " kata Menpora Amali.

Menpora Amali menyambut baik dan mendukung usulan tersebut. Apalagi, dulu Ambon khususnya Maluku pada umumnya adalah penyumbang atlet-atlet di tingkat nasional bahkan ada internasional. Meskipun banyak dari mereka muncul dari daerah-daerah lain.

"Tapi mereka sebenarnya berasal dari Maluku bahkan dari Ambon. Mungkin karena fasilitas yang kurang, maka terpaksa mereka mewakili daerah lain baik di PON maupun kegiatan-kegiatan olahraga lain," jelasnya.

Karena tidak adanya anggaran terkait pembangunan infrastruktur fisik, Menpora Amali akan merekomendasikan usulan tersebut kepada Kementerian terkait di pemerintah pusat.

"Kita akan mekomendasikan pada pihak yang terkait di pemerintah pusat. Mudah- mudahan ini segera terwujud, sehingga talenta-talenta dan bibit dari Kota Ambon khususnya dan provinsi Maluku tidak lari kemana-mana karena ada fasilitas yang tersedia di tempat itu," harapnya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Ambon Provinsi Maluku Richard Louhenapessy menyampaikan ucapan terimakasih atas apresiasi dan dukungan Menpora terhadap aspirasi masyarakat Ambon terkait rencana pembangunan stadion Sepakbola dan fasilitas olahraga.

"Hari ini momentum yang sangat membanggakan, yakni menyampaikan aspirasi dari masyarakat kota Ambon tentang pentingnya sarana dan fasilitas olahrga yang dimiliki oleh sebuh kota yang maju. Kita tahu persis bahwa untuk para atlet sepak bola maupun atlet atletik itu disumbangkan cukup banyak dari Ambon. Tapi fasilitas yang ada tidak memadai," ungkapnya.(rls)