Penggiat Gerakan Literasi Sekolah, Kepsek SMAN 20 Makassar Raih Penghargaan Yapensi

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Kepala sekolah SMAN 20 Makassar, Mirdan Midding meraih penghargaan dari Yapensi, penerbit buku nasional. Mirdan dinilai sebagai sosok berdedikasi tinggi dengan menjadi pemrakarsa gerakan literasi sekolah. Selain Mirdan, ada empat tokoh Sulawesi Selatan yang juga meraih penghargaan kategori berbeda.

Mereka adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Hasan Sijaya yang aktif mendukung dunia perbukuan nasional dan lokal dengan menyelenggarakan program bedah buku emas. Selain Hasan, pengacara senior, Tadjuddin Rachman juga mendapat apresiasi dari Yapensi atas berbagai gagasan serta tulisan hukum dan kepengacaraan yang dituangkan dalam bentuk buku.

Tokoh berikutnya adalah Anis Kaba, seniman senior yang aktif menulis dan merawat buku-buku tua bersejerah di Sulawesi Selatan. Serta Syahruddin Umar yang sejak 2001 sampai sekarang terus mendukung pengembangan Yapensi di Sulawesi Selatan. "Penghargaan kepada kelima tokoh ini merupakan rangkaian peringkatan HUT ke-25 Yapensi yang jatuh pada 14 Oktober mendatang," ujar Bachtiar Adnan Kusuma, founder/managing editor Yapensi.

Sementara itu, Mirdan yang dihubungi nusakini.com, Selasa (29/9) mengungkapkan penghargaan dari Yapensi ini jadi motivasi agar lebih giat lagi menggerakan literasi di sekolahnya. Sebelumnya, Mirdan juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas dedikasinya mengembangkan program sekolah ramah anak."Sebagai pendidik, saya ingin para siswa dan siswi mendapatkan pendidikan berkualitas dan perlakuan yang baik selama proses belajar mengajar," pungkas Mirdan. (ab)