Pemkot Makassar Bersama Pelindo Rakor Bahas Akses Jalan Tol Makassar New Port

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Penjabat walikota Makassar Prof Rudy Djamaluddin hadir pada rapat koordinasi Progres jalan Tol new Port Makassar bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV. bertempat di New Port Kelurahan Kaluku Bodoa Kec Tallo Makassar Selasa (29/9).

Rakor tersebut membahas akses pembangunan jalan tol untuk mempermudah kendaraan kontainer yang akan memasuki kawasan Makassar New Port sebagai pelabuhan peti kemas terbesar dikawasan indonesia timur.

Prakosa Hadi Takariyanto selaku Direktur Tehnik Pelindo IV Makassar mengatakan akses jalan menuju new port saat ini kurang layak untuk dilalui kendaraan kontainer 

"Untuk memperlancar arus kendaraan memasuki new port dibutuhkan akses jalan yang layak dilalui oleh kendaraan dengan tonase besar seperti kontainer, untuk itulah kita sangat membutuhkan akses pembangunan jalan tol menuju newport," ujarnya.

Demikian pula yang diutarakan Direktur Utama PT BMN dan JSTE, Anwar Toha bahwa pihaknya terus mendukung rencana pembangunan akses tol Makassar New Port. Dirinya meminta seluruh pihak saat ini untuk fokus pada masalah yang utama yaitu pembebasan lahan

"Kita fokuskan ke pembebasan tanah saja, hal utama yang menjadi kendala selama ini adalah pembebasan tanah kepada warga yang jelas kita mendukung sepenuh pembangunan akses jalan tol ini," ungkapnya

Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin menegaskan agar semua unsur dihadirkan dan dilibatkan dalam masalah pembebasan lahan ini serta mengambil langkah langkah yang sistimatis supaya masalah pembebasan lahan ini dapat diselesaikan.

"Saya minta Pak Sekda (M Ansar) untuk meninisasi progres pembebasan lahan dengan berkoordinasi dengan Pelindo IV supaya kita segera mendapatkan kepastian dari pemilik lahan bahwa lahan tersebut bisa diserahkan sehingga pembanguna akses Tol Makassar New Port bisa lancar," katanya.

Menurut Prof Rudy disetiap negara berkembang, pelabuhan merupakan pintu gerbang masuk yang sangat penting untuk investasi. Oleh karena itu, kesiapan infrastruktur pelabuhan sangat menentukan fungsionalitas di dalam mendukung arus investasi seperti penditribusian logistik yang keluar masuk ke pelabuhan.

"Pelindo IV merupakan infrastruktur investasi yang sangat penting dikawasan Timur Indonesia. atas nama Pemerintah Kota Makassar kami mendukung upaya-upaya untuk mengembangkan pelabuhan ini secara berkesinambungan, untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi kita,"tandasnya.(yat)