nusakini.com - Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah tengah mendorong wisata bahari karena kita memiliki pantai-pantai yang indah dan keindahan bawah laut yang terbaik di dunia.

“Kita memiliki Bunaken, kita memiliki Raja Ampat, kita memiliki Teluk Tomini, kita memiliki Selat Karimata di sini, dan banyak yang lainnya. Ini akan dibenahi semuanya, dibenahi promosinya, dibangun infrastrukturnya dan fasilitas pendukungnya. Sehingga akan menjadi sebuah tempat tujuan wisata, destinasi wisata yang menarik,” terang Presiden saat membuka Sail Karimata 2016, Sabtu (15/102016).

Untuk itu, Presiden Jokowi minta untuk tahun-tahun berikutnya, promosi penyelenggaraan Sail lebih digencarkan lagi, termasuk melalui sosial media. Sehingga, tempat-tempat yang indah tadibisa dikenal diseluruh tanah air dan dikenal di seluruh dunia.

Presiden menegaskan, tidak ada keraguan untuk menegaskan bahwa laut adalah masa depan kita bersama. Untuk itu, Presiden mengajak semua pihak untuk kembali ke laut, kembali ke selat, kembali ke samudera.

“Jadikan laut sebagai tempat menaruh harapan menuju Indonesia sebagai bangsa bahari, bangsa yang maju, menjadi bangsa pemenang,” pungkas Presiden Jokowi.

Pembukaan Sail Karimata 2016 itu dihadiri sejumlah pejabat negara seperti Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Ekoputro Sanjoyo.(p/mk)