Pelatihan Penanganan Kebakaran Digelar di RPTRA Belimbing

By Admin


nusakini.com - Pelatihan penanganan kebakaran digelar di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Belimbing, Jl Masjid Al Falah, RT 05/02, Kelurahan Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pantauan beritajakarta.com, pelatihan yang diberikan pihak Suku Dinas Penanggulangan dan Penyelamatan (Sudin PKP) setempat ini diikuti puluhan warga, pengelola RPTRA serta petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Materi yang diberikan difokuskan terhadap penanganan dini kebakaran yang disebabkan kebocoran tabung gas (elpiji). Warga dilatih cara menangani kebakaran menggunakan karung basah dan alat pemadam api ringan (APAR).

Kepala Peleton Grup A Sektor IX Pasar Minggu Sudin PKP Jakarta Selatan Sarono mengatakan, kebakaran yang disebabkan kebocoran tabung elpiji bisa berdampak buruk. "Apabila mendapati gas di dapur bocor, jangan panik dan menyiram air. Jika ada api yang keluar dari selang cukup mencabut regulatornya saja," kata Sarono.

Ditambahkan Sarono, melalui pelatihan ini masyarakat bisa berkontribusi mencegah dan melokalisir terjadinya kebakaran. Sehingga, korban materiil maupun korban jiwa dapat diminimalisir.  

"Diharapkan materi yang diperoleh bisa ditularkan kepada warga lain," tandasnya.(pr/kj/al)