Panglima AL Jerman Mundur Usai Sebut Putin Pantas Dihormati

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Panglima Angkatan Laut Jerman, Kay Achim Schoenbach, mengundurkan diri dari jabatannya setelah menuai kontroversi karena menganggap Presiden Rusia Vladimir Putin pantas dihormati.

Pernyataan berbau dukungan terhadap Putin itu diutarakan Schoenbach ketika negara Barat terus bersitegang dengan Rusia akibat rumor rencana Moskow menginvasi Ukraina lagi dalam waktu dekat.

Pengunduran diri resmi dilayangkan Schoenbach pada Sabtu (22/1) malam, sehari setelah berbicara di sebuah diskusi think-tank di India.

Schoenbach menyampaikan rumor soal Rusia yang ingin menyerang Ukraina sebagai "omong kosong" dalam acara tersebut yang digelar Jumat (21/1).

Dalam momen itu, Schoencach juga menyebut Putin seharusnya dihormati dan berusaha diperlakukan sama oleh negara Barat.

"Apa yang dia (Putin) inginkan adalah rasa hormat," kata Schoenbach seperti dikutip Reuters.

"Dan ya ampun, memberi seseorang rasa hormat adalah hal yang mudah, bahkan tanpa biaya... Sangat mudah untuk memberinya rasa hormat yang benar-benar dia (Putin) tuntut - dan mungkin juga pantas mendapatkannya," kata Schoenbach menambahkan.

Ia juga menyebut Rusia sebagai negara tua dan penting. Selain itu, Schoenbach juga menambahkan bahwa Semenanjung Krimea yang telah dicaplok Rusia pada 2014 lalu tak akan lagi kembali ke tangan Ukraina.

"Semenanjung Krimea telah hilang, tidak akan pernah kembali, ini adalah fakta," kata dia.

Pernyataan Schoenbach itu pun dengan cepat menyebar di media sosial dan memicu kritik.

Kementerian Pertahanan Jerman menyebut pernyataan yang dilontarkan Schoenbach sama sekali bukan posisi Jerman yang sebenarnya.

Atas pernyataannya tersebut, Schoenbach meminta maaf. Dia memastikan apa yang disampaikan itu murni pendapat pribadi, tidak mencerminkan pandagan dari Jerman.

"Saya telah meminta Menteri Pertahanan Christine Lambrecht untuk membebaskan saya dari tugas," kata Schoenbach dalam sebuah pernyataan. (CNN)