Olahraga Harus Jadi Industri untuk Pariwisata

By Admin

nusakini.com--Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi dan Gubernur H Nurdin Basirun sepakat bahwa olah raga harus menjadi industri untuk meningkatkan pariwisata Kepri. Berbagai iven olah raga berskala nasional dan internasional harus dilaksanakan di Kepri. 

"Olah raga sekarang sudah jadi industri. Tolong jadikan ini untuk mendukung kepariwisataan Kepri," kata Asman Abnur saat membuka Banda Baru Li-Ning Open Championship 2016 di Banda Baru Badminton Hall, Batam, Minggu  (11/12). 

"Semua pihak harus semakin berperan untuk mendukung tujuan ini," tambah Gubernur Nurdin. 

Turnamen yang diselenggarakan hingga 15 Desember ini diikuti pebulutangkis dari Singapura, Malaysia dan India.  

Menurut Asman, Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun sudah menjadi tujuan kunjungan wisatawan manca negara. Para wisatawan ini juga harus "dimanjakan" dengan sejumlah iven olah raga. 

"Sarana olah raga harus menjadi andalan kita," kata Asman.  

Jika sarana sudah semakin baik, tambah Gubernur, banyak iven internasional yang bisa dibawa ke Kepri. Apalagi untuk sampai ke Kepri, transportasi dari berbagai negara cukup mudah.

Selain untuk industri pariwisata, menurut Nurdin, penyiapan sarana dan prasarana olahraga memang untuk kesiapan Kepri menjadi tuan rumah Pekan Olahrana Nasional (PON). Kepri sendiri sudah mengajukan diri untuk jadi tuan rumah PON 2024 nanti. 

Sempena dengan keinginan itu, Nurdin ingin olah raga unggulan terus ditumbuhkembangkan. Selain latihan intens, berbagai turnamen juga harus diikuti. 

Usai membuka turnamen, Asman dan Nurdin sempat "latihan" di lapangan. Asman dan Nurdin berhadapan dengan beberapa orang yang hadir pada turnamen ini. Seperi Ketua PBSI Kepri, Cahya, Ketua Harian Koni Kepri H Nur Syafriadi, Kadis Pariwisata Provinsi Buralimar, Kadispora Kepri Maifrizon. (p/ab)