Moeldoko: 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Kemiskinan Terendah Sepanjang Sejarah

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Pemerintahan Jokowi-JK saat ini memasuki tahun ke-empat. Selama empat tahun kepemimpinan keduanya, berbagai capaian telah berhasil diraih oleh pemerintah.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyampaikan selama empat tahun kepemimpinan pemerintahan kabinet kerja, ekonomi Indonesia terbilang cukup stabil bahkan meningkat. Secara pertumbuhan ekonomi, Indonesia mengalami pertumbuhan yang stabil dikisaran angka 5%.

"Pertumbuhan semester I-2018 tumbuh baik 5,15%," ujarnya dalam acara Forum Merdeka Barat di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Selain itu lanjut Moeldoko, angka pengangguran pun turun cukup tinggi. Jika pada tahun sebelumnya pengangguran berada di angka 5,9%, pada Februari 2018 menjadi 5,13%.

"Presiden janjikan dalam 5 tahun ada 10 juta. Saat ini sudah terserap 7 juta. Dipastikan sampai 2019 dapat tercapai," ujarnya.

Menurunya angka pengangguran juga mempengaruhi angka kemiskinan. Pada tahun ini, angka kemiskinan mencapai angka terendah dalam sejarah yakni berada di angka 9,82%.

"Untuk pertama kalinya kemiskinan 1 digit 9,82%. 2014 itu 10,96%. Ketimpangan turun jadi 6,89% di Maret 2018," jelasnya.

Selanjutnya dari sisi daya beli juga menurutnya mulai.membaik. Hal tersebut tidak terlepas dari rendahnya angka inflasi, pada September 2018, inflasi tercatat 2,88%.

"Stabilitas harga menjadi sangat penting daya beli masyarakat dan memberikan ruang gerak dunia usaha," pungkasnya. (p/mk)