MM Sidrap, Wadah Penyaluran Bakat Para Musisi Melayu

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Sidrap--Di tengah perkembangan musik tanah air saat ini, komunitas musik yang menghimpun para musisi tak hanya bertebaran di kota-kota besar saja, namun juga hampir di sebagian pelosok daerah. Seperti di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Salah satu komunitas musisi di Kabupaten Sidrap yang hingga kini masih eksis dan terus berkembang yakni Musisi Melayu (MM).

Komunitas yang didirikan pada 23 Februari 2018 ini menjadi wadah organisasi bagi para penggemar musik genre melayu di Kabupaten Sidrap.

"Visi kami yakni membentuk satu wadah bagi musisi khususnya daerah Sidrap untuk saling berbagi, menjalin hubungan yang baik antara penikmat musik, meningkatkan kualitas bermusik, menjadi sarana untuk menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang musik, dan membawa anak muda Sidrap menjadi terarah lewat musik, serta mengenalkan musik dengan cara yang berbeda," ungkap Sekretaris Musisi Melayu Sidrap, Yasmin, kepada media, Selasa, 9 April 2019.

Alasan didirikannya komunitas ini, kata Yasmin, yakni karena merasa prihatin melihat para musisi Sidrap bahkan sampai di kabupaten lain seperti Wajo, Soppeng, Barru, Pinrang, mereka semua punya musisi-musisi yang berbakat dan bertalenta, tapi tidak ada wadah yang merangkul atau membina mereka.

"Sampai-sampai mereka tidak saling kenal satu sama lain, nah inilah tujuan kami dirikan MM untuk merangkul dan membina mereka agar ke depannya mereka menjadi musisi yang profesional, dan tentunya terus menjaga silaturahmi antara anggota MM," terangnya.

Adapun kepengurusan MM saat ini, lanjut Yasmin, diketuai oleh Lackeng.

"Awalnya kami hanya berlima, yakni sodara Lackeng sebagai Ketua Umum, saya sebagai Sekertaris, Sull, Sardy selaku Humas, dan sodara Vicky," ungkap Yasmin.

"Alhamdulillah seiring berjalannya waktu, kami bener-benar serius ingin membina dan mempersatukan para musisi melayu yang dulunya tidak saling kenal akhirnya saling mengenal. Kami juga terus memberi motivasi kepada mereka agar terus giat belajar tanpa memandang bulu," sambungnya.

Hingga tahun 2019, kata Yasmin, MM telah beranggotakan 50 member laki-laki, dan 30 member perempuan.

"Selain di Sidrap, Alhamdulillah MM juga sudah ada di beberapa daerah di luar Sulawesi antara lain, di Wajo, Pinrang, Soppeng, Barru, Makassar, Bontang, Samarinda," ujarnya.

Yasmin juga mengajak para musisi melayu lainnya untuk bergabung bersama dalam wadah organisasi MM.

"Bagi rekan-rekan yang ingin bergabung dengan keluarga besar kami bisa langsung datang ke Sekretariat MM, Jalan Harapan Rappang, Kabupeten Sidrap. Nomor kontak kami, 085218140404," tutupnya.(R/Rajendra)