Menyebarkan Pesan Damai dan Toleransi Menembus Afrika

By Abdi Satria


nusakini.com-Kairo-KBRI Kairo lepas perjalanan Hakam Mabruri bersepeda menjelajahi benua Afrika dari Kairo, Mesir hingga Cape Town, Afrika Selatan. Hakam akan menempuh jarak lebih dari 10.000 kilometer selama satu tahun untuk sampai ke ujung benua Afrika melintasi Sudan, Etiophia, Kenya, Uganda, Rwanda, Mozambique, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Botswana dan Namibia. 

“Saya ingin mengenalkan kepada negara-negara yang saya jelajahi bahwa Indonesia sebagai negara yang berpenduduk mayoritas muslim adalah negara dengan bangsa yang ramah dan penuh toleransi," demikian jelas Hakam mengenai tujuan perjalanannya yang bertajuk “The Glorious Santri Journey in Africa".​ 

“Saya apresiasi kegiatan ini karena punya misi mulia memberitakan kepada publik bahwa praktek umum Islam di Indonesia itu bisa menjadi panutan dunia, ini sangat baik, ini misi diplomatik," ujar Kuasa Usaha ad-interim KBRI Kairo, M. Aji Surya dalam sambutannya melepas Hakam. 

Selain untuk menyebarkan pesan damai, perjalanan Hakam juga dimaksudkan untuk menggalang dana untuk pembelian 100 incubator yang akan disumbangkan untuk rumah sakit di daerah Malang dan sekitarnya. 

Pada hari itu, perjalanan panjang Hakam dimulai dengan lambaian bendera Merah Putih diiringi oleh doa dan harapan seluruh staf KBRI Kairo.(p/ab)