Menteri Anies Minta Siswa Jujur Kerjakan Soal UN

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Pendidikan Nasional Anies Baswedan meminta siswa SMA agar jujur saat mengerjakan soal ujian nasional 2016 yang dimulai pekan depan.

Anies meminta siswa tidak melakukan cara-cara yang tidak terpuji sewaktu ujian akhir nanti itu, seperti mencontek atau bahkan menggunakan soal dan jawaban bocoran. 

Sejak 2015, kata dia, UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan karena kelulusan ditentukan oleh sekolah melalui ujian sekolah, bukan UN.

"Yang dibicarakan tentang UN saat ini adalah kejujuran, bukan kelulusan. Prestasi penting, jujur yang utama. Ujian itu tidak boleh menghalalkan segala cara. Tidak ada lagi subsidi jawaban," kata Anies pada jumpa media di Jakarta, Jumat (1/4/2016). 

Dilain pihak, Anies menyarankan siswa harus santai menjelang UN sehingga saat ujian akhir kondisi tubuhnya bugar dan bisa fokus mengerjakan soal-soal ujian. 

"Istirahatlah yang cukup, makan makanan sehat bergizi dan hindari hal baru yang berisiko. Tidak biasa jalan-jalan malah jalan-jalan atau mencoba makanan baru malah sakit perut sehingga Senin nanti bermasalah," kata dia.(ab)