nusakini.com-Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meninjau pelatnas tim renang Indonesia di Venue Aquatik GBK Senayan, Jakarta Pusat, Senin (25/4) sore. Renang yang menjadi salah satu cabang olahraga masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), bisa menuai hasil maksimal di SEA Games 2021 Vietnam nanti.

Saat menemui para atlet dan pelatih Menpora Amali berpesan bahwa, kesempatan ini hendaknya dimanfaatkan untuk meraih prestasi. Jangan ada sedikitpun terbesit pikiran bahwa, akan ada kesempatan lagi di SEA Games-SEA Games mendatang.

Tim renang Indonesia terus melakukan serangkaian persiapan untuk meningkatkan prestasi. Pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019, Indonesia membawa pulang satu emas, enam perak, dan tujuh perunggu.

Emas satu-satunya Indonesia di Filipina diraih melalui I Gede Siman Sudartawa yang turun pada nomor 50 meter gaya punggung.

Hasil tersebut menempatkan Indonesia di posisi keenam dalam daftar perolehan medali cabang olahraga renang. Posisi pertama diisi Singapura dengan 23 emas,10 perak, dan empat perunggu.

"Kepada para atlet saya pesankan ini kesempatan, banyak yang ingin tapi tidak bisa berangkat. Saya berharap mendapatkan prestasi terbaik," harap Menpora Amali.

"Jadikan ini SEA Games terakhir, jangan menganggap ada SEA Games-SEA Games lagi. Semangat juang harus tinggi, jangan kendor karena menganggap ada kesempatan lagi," tegasnya.

Keberadaan pelatih juga penting, karena dengannya strategi, penempaan fisik dan mental atlet bisa menjadi penentu kemenangan demi kemenangan pada multi even Asia Tenggara tersebut.

"Renang memiliki pelatih hebat, ilmu dan apa yang diajarkan ikuti dengan baik, dengannya kalian akan berhasil," pesan Menpora kepada para atlet. (rls)