Menpora Amali Harap Lahirnya DBON Jadi Arah Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Keolahragaan Nasional

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menceritakan awal mula lahirnya desain besar olahraga nasional atau DBON saat melakukan silaturahmi dengan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) dan jajaran di ruang pertemuan Hotel Myko, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/11) malam. 

Menpora Amali mengatakan, DBON hadir bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia dengan sistem pembinaan yang terstrukur dan jangka panjang. Ditegaskan, tidak ada prestasi yang dihasilkan secara instan. 

“Selama ini Indonesia belum punya desain olahraga, artinya belum tahu ini mau kemana. Kadang, pembinaan olahraga itu tergantung pemerintah daerah (Pemda). Kalau Pemda nya senang olahraga, maka olahraga didaerah itu bisa dikatakan maju,” kata Menpora Amali. 

Menpora Amali menerangkan, saat peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun 2020, Presiden Joko Widodo meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem keolahragaan di Tanah Air. 

“Bapak Presiden menyampaikan, penduduk Indonesia mencapai 260 juta orang. Tidak masuk diakal kalau kita sulit untuk mendapatkan talenta, sulit untuk berprestasi secara maksimal. Pasti ada yang salah apakah itu manajemennya atau lainnya,” ujar Menpora Amali. 

Atas dasar itu, Menpora Amali langsung merespons dengan cepat permintaan dari Presiden Joko Widodo. Menpora Amali kemudian bersama stake holder olahraga berdiskusi dengan para akademisi, hingga guru besar olahraga untuk merumuskan hal tersebut. 

“Itu lah sebabnya saya diskusi dengan praktisi olahraga dan guru besar di kampus serta ISORI. Kita harus punya desain olahraga dan harus ada road map,” terang Menpora Amali.

Setelah diskusi panjang itu, akhirnya lahir desain besar olahraga nasional. Secara garis besar, DBON adalah lembinaan olahraga yang mengatur dari hulu sampai hilir. Target dan harapan yang ingin dicapai dalam DBON ini, disampaikan Menpora Amali harus dijalankan dan didukung oleh semua pihak. 

Pada momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun 2021, secara resmi Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. 

DBON lahir karena dipandang perlunya arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegrasi. Sejatinya, disebut Menpora Amali, desain besar olahraga nasional ini sudah dijalankan. 

“Apalagi dalam DBON ini terdapat sentra olahraga yang kita fokuskan dalam pembinaan atlet. Peran ISORI disini sangat besar. Kedepan target yang telah ditetapkan ini harus kita capai. Hasil diskusi kita yaitu konsentrasi ke cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi. Kita harap DBON ini bisa maksimal,” pungkas Menpora Amali.(rls)