Menkeu : DWP Kemenkeu Jadilah Oasis yang Pertama dan Utama dalam Keluarga

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati selaku Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Keuangan (DWP Kemenkeu) mengajak para anggotanya untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri, keluarga, maupun organisasi. Terlebih di tengah suasana pandemi Covid-19 dimana peranan Kemenkeu sangat besar melalui respon APBN yang menjadi instrumen frontliner dalam menghadapinya.

“Di dalam konteks ibu-ibu semuanya yang ada disini adalah pasangannya dari para jajaran Kemenkeu dimana kita sebagai bendahara negara dalam hal ini yang mengelola keuangan negara, terutama dalam kondisi covid itu memiliki peranan dan juga tanggung jawab yang sungguh luar biasa,” ungkap Menkeu melalui arahannya dalam Acara Peringatan HUT DWP Kemenkeu ke-22 di Gedung Kemenkeu, Rabu (08/12).

Menkeu menggambarkan kesehatan mental sebagai sesuatu yang mempengaruhi emosi, rasa, cara berpikir, cara bertindak, dan psikologis manusia. Kesehatan mental juga terus diuji dengan berbagai hal juga di tengah pandemi ini.

APBN mampu bekerja secara luar biasa menangani pandemi dengan pengelolaan bendahara negara yang memastikan ketersediaan anggaran untuk menangani Covid di bidang kesehatan, perlindungan sosial, membantu korporasi dan UMKM. Jadi kesehatan mental punggawa keuangan negara harus terus dijaga.

“Dua tahun adalah masa yang sungguh luar biasa di dalam kita mengelola bangsa ini, ekonomi ini, keuangan negara. Ini adalah luar biasa,” jelas Menkeu.

Menkeu juga menyampaikan jika Covid menjadi ujian bersama dalam rumah tangga. Jika sebelumnya waktu untuk melaksanakan pekerjaan di luar rumah lebih banyak, maka adanya pandemi menjadikan mayoritas waktu dihabiskan di rumah, sehingga peluang gesekan dalam rumah tangga menjadi lebih besar.

“Ini adalah ujian bersama. Yang akan diuji mental kita, emosi kita, psikologi kita, cara kita yang kemudian mempengaruhi sikap kita, bertindak, berucap, berinteraksi. Padahal pasangan ibu semua ini adalah pejabat di Kemenkeu yang harus bekerja tadi mengurus negara,” tandas Menkeu.

Untuk itu, Menkeu berpesan kepada anggota DWP Kemenkeu untuk menjadi oasis yang pertama dan utama dalam keluarga. Serta bukan menambah potensi meningkatkan ancaman terhadap kesehatan mental.

“Jadi kita sebagai ibu, anda punya peran dan tanggung jawab yang luar biasa penting. Itu tugas yang tidak mudah. Apapun yang anda lakukan, perempuan itu penyangga yang luar biasa terhadap diri anda sendiri, terhadap rumah tangga, terhadap bangsa, dan terhadap dunia,” pungkas Menkeu. (rls)