Mengambil Momentum Hari Disabilitas Internasional, Satrel Ganjarist Wadyapara Bekasi Dideklarasikan

By Admin


nusakini - Bekasi - Terus memassifkan gerakan serta melebarkan sayap, Kooordinator Nasional (Kornas) Relawan Ganjarist kembali mendeklarasikan Satuan Relawan (Satrel) Wadyapara di Bekasi, Jumat, (3/12/2021). Deklarasi Satrel Wadyapara ini digelar bertepatan dengan hari Disabiltas Internasional yang jatuh pada 3 Desember. 

Bertempat di Sunyi Coffee, Ruko Grand Galaxy Bekasi, Deklarasi Satrel Ganjarist Wadyapara ini dihadiri Dewan Pakar Advokasi Kornas Ganjarist Ratnaningrum Djaroem, Wakadiv Sosial Kornas Ganjarist Fahmia Anggraeni serta Wakadiv UMKM dan Ekraf Andre Salman. 

Sedangkan Satrel Wadyapara diwakili oleh Ketua Satrel Nuah P. Tarigan dan Andry serta sekitar 20 orang perwakilan Satrel Wadyapara Bekasi. 

Dalam sambutannya, Dewan Pakar Advokasi Kornas Ganjarist Ratnaningrum Djaroem mengatakan dengan deklarasi dan peringatan hari disabilitas sedunia ini, maka relawan Ganjarist Wadyapara dapat mengembangkan wawasan ke masyarakat akan persoalan-persoalan kehidupan para difabel dan diharapkan Pemerintah dapat memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraan rekan disabilitas.



“Pemerintah daerah harus dapat menyediakan sarana transportasi publik yang dapat diakses difabel, termasuk menyediakan KTP yang bisa diakses bagi penyandang disabilitas netra, seperti KTP braile”, ujar Ratnaningrum memberi contoh. 

Pada kesempatan itu juga Ratna memberi ucapan selamat kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas di tanah air

“Selamat Hari Disabilitas Internasional kepada seluruh saudara-saudara penyandang disabilitas di Indonesia. Semangat dan teruslah berkarya”, tutupnya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Satrel Ganjarist Wadyapara Bekasi Nuah P Tarigan berharap adanya persamaan perlakukuan dan pemerataan status bahwa disabilitas juga bisa seperti lainnya. 

“Kita berharap ke depan saudara-saudara kita penyandang disabilitas memperoleh perlakuan dan hak yang sama dalam segala sektor terutama dalam pekerjaan”, katanya. 



Yang unik dari deklarasi kali ini, adanya pembacaan puisi tentang disabilitas yang dibacakan Ketua Satrel Wadyapara Nuah P Tarigan. 

Berikut petikan lengkap pusi yang dibacakannya: 

SALAM DISABILITAS

Hari demi hari

Tahun demi tahun kami tetap begini

Kami tdak bisah melihat indahnya alam ini

Kami tidak bisah mendengar apa kata-kata mereka

Kami tidak bisah berjalan seutuhnya, bahkan hanya terbaring di atas tempat tidur..


Itulah kami sebagai Disabilitas

Ruang gerak kami selalu membutuhkan orang lain

Ruang kerja kami apalagi..


Kalau dipikirkan memang kehidupan kami terasa sulit

Tapi kami tidak pernah berpikir sulit dalam hidup ini

Kami sebagai Disabilitas selalu dan terus mencaba apa yang kami bisah..


Untuk itu jangan batasi hak kami

Jangan diskriminasikan kami

Jangan sepelekan kami

Jangan tertawakan kami


Berilah waktu dan kesempatan

Kami juga bisah bersaing

Kami juga bisah bekerja

Kami juga bisah berprestasi

Bahkan kami juga bisah menjadi sang juara..


Disabilitas bukan halangan, tapi Disabilitas adalah anugerah sang kuasa...


Selamat Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021. 

Jayapura 3 Desember 2021 

ROBY NYONG.