nusakini.com - Jogjakarta - Ribuan bikers Ganjarist berkumpul di kota Jogjakarta, Munggu (11/9/2022). Kedatangan para bikers ke Kota Gudeg itu disatukan dengan kesukaan yang sama, yaitu berbiker-ria dan memberi dukungan kepada Ganjar Pranowo agar maju dan melenggang menjadi the next presiden RI.

Para bikers Ganjarist itu menunjukkan antusiasmenya datang ke Jogja. Tentu saja mereka datang dengan motor-motor unik kesayangan mereka. Alam Kaliurang Jogja yang secara letak berada di kaki Gunung Merapi memang asyik belaka untuk dijadikan tempat berlangsungnya Jambore Nasional.

Event Jambore Nasional itu dimotori oleh Semoga (Senang Motoran Ganjarist). Sebagai bagian dari organ relawan Ganjarist, tentu saja “Semoga” punya greget dan semangat yang sama yaitu mendukung Ganjar Pranowo dalam suksesi kepemimpinan tahun 2024 nanti.


Dalam kegiatan-kegiatan Ganjarist pun, misalnya dalam kegiataan deklarasi, aksi sosial ke masyarakat dan perayaan HUT Ganjarist dengan pesta UMKM, para anggota “Semoga” juga turut andil menjadi bagian dari kegembiraan kegiatan tersebut.

Pada 11 September tahun ini, rupanya “Semoga” ingin menandai ngumpul besar mereka di Kota Gudeg sebagai Hari Jadi-nya yang pertama. Menjadi pertemuan yang monumental, karena berkonsep jambore, yang bisa diartikan sebagai pertemuan besar.

Karena memang anggota komunitas “Semoga” tersebar di banyak kota di seluruh Indonesia. Jumlahnya mencapai 350 orang yang berasal dari Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura hingga Lombok.

Dalam pertemuan akbar jamnas para biker tersebut juga dihadiri sebanyak 120 komunitas all biker se-Jawa Tengah dengan total peserta mencapai 1.000 orang. Sangat meriah, guyub dan hangat.

Meski bermotor gede dan dengan bentuk serta asesoris yang aneka, tetapi para biker rata-rata punya sense of humor yang tinggi. Selalu ada stok kelucuan jika mereka saling ketemu. Padahal mereka selama ini terpisah jarak dan jarang ketemu.

Tetapi ketika sudah bertemu di kemah besar sebagai sesama pemilik  kecintaan yang sama, walah … kiranya obrolan demi obrolan pun mengalir sepanjang jalan seperti panjang jalanan mereka tempuh selama ini dalam bermotor-ria.


Tetapi, jangan dipikir hanya ngomongin motor dan track-track jalan yang menantang untuk mereka tempuh dalam memanja kesukaan. Para biker adalah sejatinya para Indonesianis. Jangan tanya kecintaan dan kebanggaan mereka kepada tanah airnya.

Karenanya, ketika sudah sampai pada intinya. Ganjar Pranowo seperti bahan obrolan dan diskusi yang tak habis mereka bicarakan. Memang dalam jambore nasional itu, Gubernur Jateng itu menjadi bahasan utama dan menjadi alasan mereka menempuh jarak dan wakt, bersekeringat dalam denyut irama perjuangan Ganjarist.

Ketua Umum Kornas Ganjarist, Eko Kunthadi mengatakan memang Ganjar Pranowo pada intinya yang menyatukan semua ide untuk berkumpul di acara jambore nasional ini.

Ganjar bagi para relawan Ganjaris adalah pemimpin yang baik, dan tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi para relawan untuk terus mendorongnya agar maju, terplilih dan menjadi presiden pada Pilpres 2024.

“Jambore Nasional Biker Ganjarist ini merupakan wadah bertemunya setiap orang yang mengidolakan sosok Ganjar Pranowo dengan harapan bisa melanjutkan kepemimpinan yang akan diwariskan oleh Bapak Jokowi,” begitu kata Eko.


Karenanya tema yang dipilih “Satu Visi Satu Idola Satu Hobi”. Dalam kumpul-kumpul komunitas motor itu, selain tema kesatuan itu menjadi tajuk utama musyawarah, ada juga panggung hiburan. Diramaikan pula dengan stand-stand UMKM dengan produk yang aneka. Terutama konsumsi makan dan minum, dan juga merchandise Ganjarist.

Ada kegembiraan tentu saja. Karena semua yang terlibat mengisi gerai UMKM adalah para anggota Ganjarist sendiri. Dengan begitu, “Semoga” punya kesempatan untuk andil mendukung perkembangan pelaku usaha UMKM.

Selain itu, acara ini adalah momentum bahwa komunitas motor juga punya caranya tersendiri dalam mengekspresikan diri dalam berpolitik, tanpa harus terlibat langsung sebagai politisi.

Itu merupakan gerakan organik dari masyarakat yang mencintai sosok Ganjar Pranowo karena dianggap layak sebagai pemimpin selanjutnya di tahun 2024.

Sebagai komunitas motor “Semoga” punya hal yang unik, yaitu solidaritas dan soliditas yang tinggi antar sesama anggota. Karenanya, dalam satu visi satu idola satu hobi, komunitas ini membiayai sendiri kegiatan jambore nasional ini.

Tentang fakta tersebut dibenarkan oleh Ketua Umum “Semoga” Indonesia, Deddy Kate. Dengan guyub rukun belaka selama ini mereka enjoy dan bergembira menjalani kegiatan-kegiatan mereka. Jika bukan karena kecintaan, memang mustahil belaka.

“Alhamdulillah. Kami bersyukur, acara yang telah kami persiapkan sejak 3 bulan lalu, lancar, meriah dan sukses,” kata Deddy.

Deddy sangat terkesan dengan dedikasi dan solidaritas yang ditunjukkan para bikers.  Ia yakin dengan greget seperti itu, dukungan yang mengalir kepada Ganjar Pranowo bersifat murni.

Artinya memang alami, berdasar dan berasal dari pilihan atas kesadaran mereka sendiri. Karenanya, mereka bersedia menjadi relawan Ganjar dan bertekad akan terus menambah anggota sebanyak mungkin.

Dalam keguyub-rukunan dan greget mendukung yang dilandasi kesadaran, bukan tidak mungkin banyak yang tertarik untuk masuk dan menjadi anggota relawan Ganjarist.

Pemimpin yang baik harus didukung oleh orang yang baik pula. Semua kebaikan itu sejatinya bermuara dalam satu kecintaan, yaitu demi kebaikan dan berjayanya NKRI tercinta. (*)