Megawati Dikabarkan Sakit, Hasto: Hanya Tidak Fit Karena Kurang Tidur

By Admin


JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto menyampaikan bahwa Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekaligus Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri tidak mengalami sakit serius hingga tidak harus dibawa ke rumah sakit. 

Hal ini disampaikan Hasto merespons pertanyaan soal kondisi kesehatan Megawati yang membuat Megawati tidak menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/6/2024) pagi.

"Oh tidak, Ibu tidak perlu ke rumah sakit, bahkan ini nanti langsung ke Bali. Hanya karena tadi malam beliau kan kurang tidur," kata Hasto, selepas upacara, Sabtu.

Menurut Hasto, Megawati tidak fit karena kurang tidur pada Jumat (31/5/2024)  kemarin.

Hasto menyatakan, Megawati kurang tidur karena mengingat memori tentang perjuangan ayahnya, Presiden pertama Republik Indonesia Sukarno, dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pada Jumat siang kemarin, Megawati memang sempat mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno di Ende lalu ia merenung dan berkontemplasi di ruang tempat shalat Bung Karno. 

"Sehingga tentu saja dari perjumpaan secara khusus kenangan dengan perjuangan Bung Karno yang sangat luar biasa di Ende ini, itu membangun suatu kontemplasi. Sehingga tadi malam, sepanjang malam Ibu berzikir, dan kemudian pagi kondisi beliau kurang begitu fit," ucap Hasto.

Hasto mengatakan, ketidakhadiran Megawati pada upacara pagi hari tadi tidak mengurangi rasa cintanya terhadap Ende. 

"Karena ketika Ibu Megawati datang ke sini, pidato pun dipersiapkan dengan khusus, dengan mengingat seluruh perjuangan Bung Karno yang menjadikan Ende itu seperti penjara terbuka," kata Hasto. (*)