Mahasiswa KKN UNHAS 104 Pinrang 5 Membuat Alat Hand Sanitizer Otomatis

By Abdi Satria


nusakini.com-Pinrang-Pandemi COVID-19 yang semakin hari semakin luas penyebarannya tentunya memberikan dampak kekhawatiran kepada semua orang. Oleh karenanya, bentuk pencegahan perlu dilakukan oleh setiap individu yang salah satunya ialah dengan rajin menjaga kebersihan tangan.  

Hingga saat ini, sudah banyak kita jumpai di berbagai tempat umum telah tersedia fasilitas penyediaan Hand Sanitizer. Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwa salah satu bentuk penularan dari virus ini ialah melalui droplet atau tetesan air liur ketika batuk maupun bersin oleh orang yang terinfeksi. Percikan batuk atau bersin tersebut dapat menempel di permukaan benda sehingga dapat menyebabkan kontaminasi pada orang lain ketika menyentuhnya yang tidak disadari secara langsung sebagaimana ukuran dari virus ini sangatlah kecil. Hal ini tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut dapat beresiko pada fasilitas penyediaan Hand Sanitizer.

Demi mencegah adanya kasus seperti itu, mahasiswa KKN UNHAS Gel. 104 Kelompok Pinrang 5 merakit alat hand sanitizer otomatis di Keluruhan Bentengnge. Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang. Alat ini telah diaplikasikan di Masjid Hidayatullah pada perayaan Idul Adha, Jumat (31/7) yang sebagaimana merupakan saran oleh A. Husni Mubarak, S.STP., MM. selaku kepala lurah Bentenge.

Seperti namanya, alat hand sanitizer otomatis ini tidak memerlukan kontak langsung diantara pengguna dan tidak perlu menyentuh barang atau objek tersebut. “Alat ini bekerja dengan memanfaatkan sensor Proximity yang mendeteksi keberadaan suatu objek. Ketika pengguna mendekatkan kedua tangan, maka otomatis alat akan mengeluarkan cairan hand sanitizer” ungkap Sri Rafika yang merupakan salah satu anggota kelompok Pinrang 5 KKN UNHAS.

Pembuatan alat hand sanitizer otomatis ini merupakan upaya dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini juga dilakukan sebagaimana penggunaan alat hand sanitizer yang otomatis masih jarang ditemukan di sekitar wilayah pinrang.

Oleh karenanya Mahasiswa KKN UNHAS Gel. 104 Kelompok Pinrang 5 berharap dengan adanya alat hand sanitizer otomatis ini dapat membantu masyarakat sekitar dan diharapkan dapat dijadikan sebagai contoh untuk pemberian fasilitas penyediaan Hand Sanitizer kedepannya yang dilakukan secara otomatis.

Perubahan pola hidup masyarakat yang saat ini juga diharapkan lebih menjaga kebersihan diri seperti dengan rajin menjaga kebersihan tangan.

Penulis : Sri Rafika