Mahasiswa Keio University Antusias Simak Kuliah Umum Dubes Heri dan Belajar Tari Ondel-Ondel Serta Tari Piring

By Abdi Satria


nusakini.com-Kanagawa-Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi memberikan kuliah umum di Universitas Keio kampus Shonan Fujisawa, Kanagawa, Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa Keio juga menikmati penampilan seni budaya serta mengikuti workshop tari Ondel-Ondel dan Tari Piring. Kegiatan ini merupakan rangkaian program Ambassador Goes to Campus dari KBRI Tokyo melalui kunjungan ke 11 kampus terbaik di Jepang.

Dubes Heri yang dalam kuliah umumnya mengangkat topik “Indonesia – Japan: A Shared Future and History ini menekankan Indonesia dan Jepang adalah dua negara yang saling melengkapi di masa lalu, kini dan masa mendatang.

“Sejak peresmian hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang pada 20 Januari 1958, kerja sama kedua negara semakin intensif. Indonesia dan Jepang memiliki kedekatan yang saling pengertian yang terbentuk sejak jaman perjuangan. Bahkan, saat itu ada lebih dari 1.000 tentara Jepang memilih untuk berjuang bersama Indonesia melawan sekutu," terang Dubes Heri.

Kepada para mahasiswa Dubes Heri juga menyampaikan tentang keragaman suku, seni budaya, bangsa, bahasa dan kuliner khas masing-masing daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Sekolah Pascasarjana Media dan Pemerintahan Fakultas Studi Lingkungan dan Informasi Universitas Keio Fumitoshi Kato yang didampingi oleh pengajar pada Sekolah Pascasarjana Media dan Pemerintahan Fakultas Manajemen Kebijakan Universitas Keio Prof Yo Nonaka, menyampaikan apresiasi atas kuliah umum Dubes Heri kepada para mahasiswa.

Antusiasme Mahasiswa Keio Belajar Tari Piring

Para mahasiswa juga berkesempatan belajar tari piring dari Padang yang dipandu oleh Sri Sabarati Sulastini Kodrat pengajar Bahasa Indonesia di Kanda Institute of Foreign Language (KIFL) yang juga aktif berkesenian dengan membentuk Sanggar Tari Duta Melati.

Para mahasiswa Keio nampak antusias belajar tari piring yang juga diikuti oleh para staf pengajar dari Universitas Keio. Para mahasiswa di hadapan Dubes Heri juga menampilkan tarian dengan diiringi lagu ondel-ondel Betawi. Sanggar Duta Melati juga memeriahkan acara dengan penampilan Tari Puspanjali dari Bali oleh Yulia Rosa dan Tari Piring oleh Riska Hapsari.

Program program “Ambassador Goes to Campus" ini menjadi bagian tak terpisahkan dari rangkaian Indonesia Friendship Day KBRI Tokyo sepanjang 2022.(rls)