Mahasiswa Angkatan XX Magister Administrasi Rumah Sakit FKM Unhas Gelar Seminar Nasional

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Mahasiswa angkatan XX Magister Administrasi Rumah Sakit (RS) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas, menggelar seminar nasional dengan tema "Single Tarif dan Kelas Rawat Inap Standar JKN" sekaligus dalam rangka memperingati dies natalies FKM Unhas ke 38, Minggu (18/10/2020).  

Dalam seminar tersebut, turut dihadiri Ketua Prodi Magister Administrasi RS Unhas Dr. Syahrir A. Pasinringi, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Dr. Aminuddin Syam dan Rektor Unhas yang diwakili oleh Prof. dr. Muh. Nasrum Massi selaku Wakil rektor 4.


 "Antusias peserta sangatlah tinggi, dalam waktu beberapa jam setelah publikasi flyer jumlah peserta yang terdaftar mencapai 500an peserta. Adapun jumlah peserta yang berpartisipasi tadi mencapai 1450 peserta, yang terbagi melalui zoom dan youtube," Kata dr. Falensia Dwita Lestari Ketua Panitia.

Webinar ini menghadirkan pemateri nasional diantaranya:

1.Prof.dr.Hasbullah Thabrany, MPH. Dr.PH - Former Chairman and Founder of PAMJAKI (Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan Indonesia, the Association of Health Insurance Managers of Indonesia)

Judul Materi : Kebijakan Single Tarif dan Kelas Rawat Inap Standar JKN

2. Prof.Dr.H.Abdul Kadir,PHD,Sp.THT-KL(K),MARS - Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan(BPPSDMK) Kemenkes RI

Judul Materi : Kesiapan Rumah Sakit dalam Penerapan Sigle Tarif dan Kelas Rawwat Inap Standar JKN

3. Dr.dr Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp.BTKV(K)MPH - Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika, Indonesia Healthcare Corporation (IHC)

Judul materi : Peluang dan Tantangan Rumah Sakit dalam Penerapan Single Tarif dan Kelas Rawat Inap Standar JKN

4. Dr.dr. Khalid Saleh, Sp.PD,KKV, Finasim, MARS - Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sulawesi Selatan / Direktur Utama RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

Judul materi : Kesiapan rumah sakit dalam kebijakan baru terkait dengan kelas standar - Perspektif Rumah Sakit Pemerintah dan PERSI

5. dr. Dina Lailani - Direktur Rumah Sakit Pupuk Kalimantan Timur

Judul materi : Kesiapan rumah sakit dalam kebijakan baru terkait dengan kelas standar.

Seminar nasional ini menarik banyak perhatian masyrakat mungkin karena dapat menghadirkan pemateri nasional yang cakap dalam bidangnya dan membahas isu yang hangat saat ini.

"Tujuan menyelenggarakan acara ini, yaitu untuk membangun pemahaman komprehensif terkait isu terkini dan mendatang dalam dunia perumahsakitan. Khususnya pada webinar ini nanti akan membahas terkait policy brief dan pandangan dari berbagai pihak jika single tarif di berlakukan, dengan maksud menyamakan persepsi terkait kelas standar yang dihubungkan dengan single tarif melalui beberapa diskusi dan pemaparan dari narasumber."Tambah dr.Dwita.

Adapun proses diskusi tadi ditutun oleh 

- Dr. dr. H. A. Indahwaty Sidin, MHSM.

Direktur Keuangan, SDM dan Administrasi Umum Rumah Sakit UNHAS 

- Dr. Irwandy, SKM., M.Sc.PH., M.Kes.

Ketua Departemen Manajemen Rumah Sakit FKM UNHAS (rilis)