Luis Enrique Resmi Latih Timnas Spanyol

By ommed


nusakini.com - Spanyol mengonfirmasi telah menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih tim nasional. Mantan juru taktik Barcelona itu akan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun.

Pelatih 48 tahun ini menjadi pelatih anyar La Roja setelah Fernando Hierro menolak melanjutkan tugasnya menyusul kegagalan tim di Piala Dunia 2018.

Sergio Ramos dkk terseok-seok di babak penyisihan grup, sebelum kemudian kalah adu penalti dari tuan rumah di babak 16 besar.

Luis Enrique saat ini tidak sedang terikat dengan tim mana pun sejak meninggalkan Blaugrana pada Mei 2017 dan sempat dikabarkan menjadi target utama Paris Saint-Germain serta Chelsea.

Komite eksekutif RFEF mengadakan pertemuan pada Senin dan sepakat menunjuk Luis Enrique, hanya delapan hari setelah timnas, di bawah komando Hierro, angkat kaki dari Rusia.

“Telah disepekati secara bulat oleh komite eksekutif RFEF mengenai penunjukkan Luis Enrique sebagai pelatih tim nasional untuk dua tahun ke depan,” demikian pernyataan presiden RFEF Luis Rubiales dalam konferensi pers di markas federasi di Las Rozas, Madrid.

“Ini kesepakatan total. Ia memiliki tawaran lebih besar, namun ingin menjadi pelatih tim nasional dan saya ingin menekankan pengorbanan yang ia buat.

“Ia akan diperkenalkan pekan depan.”

Spanyol, juara dunia 2010, masuk dalam daftar favorit kampiun di Piala Dunia Rusia. Namun La Roja mengalami goncangan hebat dengan keputusan memecat Julen Lopetegui hanya beberapa hari sebelum kick-off turnamen.

Real Madrid mengumumkan Lopetegui sebagai pelatih anyar mereka saat persiapan Piala Dunia sedang krusial, setelah Zinedine Zidane mundur.

Sebelum ini, Enrique pernah menukangi Barcelona selama dua tahun dan menyabet sederet gelar termasuk dua La Liga dan satu Liga Champions. (fft/om)