Lampaui Target Raih 2 Emas di SEA Games 2021 Vietnam, Kemenpora Nilai Kickboxing Punya Potensi Terus Berprestasi di Ajang Internasional

By Abdi Satria


nusakini.com-Tangerang - Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam dari cabang olahraga Kickboxing telah kembali ke tanah air, Minggu (15/5). Cabor Kickboxing di SEA Games ini berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali emas.

Kedatangan atlet Kickboxing yang berjumlah 12 orang ini disambut langsung oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Menurutnya dengan meraih 2 emas ini, Kickboxing sudah melebih target. "Itu melebih terget, karena Kickboxing targetmya 1 emas," ujarnya.

Lebih lanjut Isnanta mengatakan bahwa cabor kickboxing adalah cabor baru bagi Indonesia karena baru dua kali berpartisipasi di SEA Games. "SEA Gemas Vietnam ini yang kedua, tapi berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali emas," jelasnya.

"Buat saya ini sebuah lonjakan. Tapi ini logis karena Indonesia kalau urusan bela diri apalagi yang ada nuansa tinju punya potensi banyak. Jadi tinggal bagaimana kalau even-even tingkat Asia bahkan Olimpic jadi dipertandingkan, maka Indonesia sangat berpeluang meraih medali, karena bakat tinju Indonesia banyak," tambahnya.

"Tetapi prediksi saya ke depan Kickboxing adalah cabor yang akan digemari banyak negara sehingga menjadi cabor di Asia maupun dunia. Dengan demikian Indonesia harus memulai pembinaan dari sekarang sambil menunggu turnamen Kickboxing itu muncul," ucapnya.

Apalagi organisasi Kickboxing di Indonesia sudah mencapai di 22 provinsi. "Artinya ini sudah cukup untuk menyediakan atlet Kickboxing Indonesia. Semoga provinsi lain yang punya atlet bisa juga dikembangkan sehingga menjadi 34 provinsi," tutupnya.

Cabang olahraga yang baru dua kali berpartisipasi di SEA Games ini berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali emas: Diandra Ariesta Pieter yang turun pada nomor Women's Full Contact -56 kg dan Amanda La Loupatty yang berlaga pada nomor Women's Low Kick -52 kg.

Selain 2 medali emas, Kickboxing juga membawakan 1 medali perak dari Salmri Stendra Pattisamallo yang turun pada nomor Men's Full Contact -51 kg, serta medali perunggu yang dipersembahkan oleh Nadya Nakhoir dari nomor Women's Full Contact -48 kg.(rls)