KTT Peringatan 45 Tahun Kerja Sama ASEAN - Uni Eropa Tunjukkan Komitmen Peningkatan Kemitraan ASEAN Uni Eropa

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com-PhmomPenh--Indonesia menyampaikan perlunya kemitraan ASEAN-Uni Eropa yang lebih adil dan saling percaya. Hal ini ditegaskan Indonesia dalam pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri antara ASEAN dan Uni Eropa. Pada pertemuan dimaksud, delegasi Uni Eropa dipimpin oleh High Representative/Vice President Josep Borrell Fontelles. 

Rencana penyelenggaraan KTT peringatan 45 tahun kerja sama ASEAN - Uni Eropa akhir tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk merefleksikan komitmen ini ke depan. 

Sebagai mitra penting, Indonesia menyuarakan pentingnya membangun perdagangan produk pertanian dengan Uni Eropa yang adil dan tidak diskriminatif, terutama dalam perdagangan yang minyak nabati.‚Äč

Indonesia juga ajak UE untuk memajukan semangat perdamaian, di tengah meningkatnya persaingan negara besar. Strategi UE di Indo-Pasifik harus menjadi menjadi pijakan (building block) untuk mendorong perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan kawasan.  

Dalam Pertemuan, ASEAN-UE menyepakati Rencana Kerja untuk implementasi kemitraan strategis periode2023-2027. Melalui Dokumen tersebut, ASEAN dan UE berkomitmen untuk mendukung peningkatan kesiapan terhadap kedaruratan kesehatan masyarakat. Selain itu, ASEAN-UE juga sepakat untuk melanjutkan dialog terkait isu minyak nabati secara holistik dan transparan.(rilis)