Kota Pekalongan Luncurkan Aplikasi Pindah Datang Penduduk

By Admin

nusakini.com-- Untuk mempermudah warga mengakses layanan administrasi kependudukan, Dinas Dukcapil bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Pekalongan baru-baru ini meluncurkan aplikasi layanan pindah datang penduduk. Walikota Pekalongan, Alf Arslan Djunaid, optimis peluncuran aplikasi ini akan semakin memperbaiki kinerja Pemkot, khususnya dalam pelayanan dokumen kependudukan.  

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Pekalongan, Kustiati Sri Mulyanidi, menyatakan bahwa aplikasi pindah-datang penduduk ini sudah efektif dijalankan di 27 kelurahan. Harapannya, seluruh kelurahan ke depan akan menerapkan aplikasi yang sama.  

Selain itu, Kustiati juga memperhatikan ketersediaan petugas untuk menerapkan aplikasi tersebut. Untuk itu, para petugas ini sudah menjalani pelatihan pada bulan November yang lalu.  

Keberadaan aplikasi pindah-datang penduduk ini akan mempermudah warga mendapatkan surat pindah, baik untuk keluar dari Kota Pekalongan maupun bagi penduduk yang berasal dari daerah lain. “’Warga tidak perlu repot-repot bolak-balik ke kantor kelurahan lagi untuk mengurus surat pindahnya”, lanjut Kustiati. 

Aplikasi ini dapat dijalankan melalui smartphone android. Warga dapat menggunakannya di mana saja termasuk saat di tempat kerja maupun sedang berada di rumah. (p/ab)