Komunitas #UangKita, Bentuk Kepedulian Generasi Muda Terhadap Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi generasi muda yang berkontribusi di dalam Komunitas #UangKita “Komunita” sebagai bentuk kepedulian terhadap Republik Indonesia.

“Kalian bergabung di dalam Komunita karena punya kepedulian yang otentik dan itu merupakan aset dari Republik Indonesia. Aset itu tidak selalu gedung seperti ini. Aset itu adalah anak-anak muda seperti kalian yang punya kepedulian, punya kepintaran, punya karakter, dan kemudian mau melakukan,” kata Menkeu dalam Ministry of Finance Festival (Mofest) 2021, Kamis (18/11).

Komunita merupakan kolaborasi Kementerian Keuangan dengan generasi muda sebagai wadah untuk berjejaring dan mengembangkan diri menjadi generasi muda produktif yang memahami kebijakan pengelolaan #UangKita. Komunita diharapkan dapat membentuk generasi muda sebagai penggerak utama menuju Indonesia Maju 2045 dengan berfokus pada pengembangan diri, karakter, dan perluasan jaringan.

“Kita membuat komunitas yang merupakan suatu gerakan di dalam konteks keuangan negara. Bagaimana negara, bangsa Indonesia di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia mengumpulkan dana yang kemudian ditampung dalam pendapatan negara, digunakan untuk berbagai kebutuhan negara, seperti pendidikan, kesehatan, membantu masyarakat yang miskin, menyekolahkan anak-anak, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang semuanya membutuhkan anggaran dan biaya. Kita juga investasi untuk jangka panjang, terutama investasi sumber daya manusia,” ujar Menkeu.

Melalui Komunita ini, Menkeu berharap generasi muda dapat bersama-sama mencapai tujuan Republik Indonesia untuk menciptakan masyarakat adil makmur, serta bangsa yang memiliki martabat tinggi.

“Kalian membuat gerakan untuk menjaga uang kita bersama sehingga dia menjadi resources atau sumber daya yang bisa kita gunakan sebaik-baiknya untuk membangun Indonesia hari ini dan ke depan. Ini adalah awal dari suatu perjalanan bersama di dalam sebuah komunitas dimana kita semuanya saling peduli melalui bagaimana keuangan negara atau uang kita bersama harus dikelola,” ujar Menkeu.

Menkeu meyakini generasi muda yang aktif berkomunikasi untuk menyampaikan ide dan masukan dapat membantu Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045.

“Semoga Komunita ini akan betul-betul menciptakan sebuah forum berkomunikasi bagi terutama generasi-generasi muda untuk peduli terhadap bagaimana Indonesia seharusnya dibangun. Ini rumah kalian. Ini rumah kita semuanya. Mari kita bangun bersama,” kata Menkeu.

Sebagai informasi, rekrutmen anggota Komunita dilakukan melalui platform event kolaboratif Kementerian Keuangan bernama Ministry of Finance Festival (Mofest). Mofest merupakan festival yang memfasilitasi generasi muda untuk mengembangkan diri, memahami potensi ekonomi Indonesia Indonesia untuk bergerak dan berkontribusi bersama menuju Indonesia Maju. (rls)