nusakini.com - Luwu - Badan Pengurus Pusat (BPP) Keluarga Kerukunan Luwu Raya (KKLR) mendorong pembentukan Kabupaten Luwu Tengah.

Hal tersebut disampaikan Ketua bidang Humas BPP KKLR yang juga juru bicara H Arsyad kasmar, Sakral Wijaya Saputra kepada awak media di Warkop 212 Jalan Toddopuli Raya, Kota Makassar, Rabu (23/2/2022).

Menurut Sakral Wijaya, pembentukan daerah tingkat dua atau Kabupaten, menjadi salah satu prioritas diperjuangkan BPP KKlR di bawah kepengurusan Arsyad Kasmar, agar menjadikan Luwu Raya sebagai Provinsi yang telah lama diperjuangkan oleh wija to luwu.

"Jadi, beliau ingin mengoptimalkan, agar pembentukan Kabupaten Luwu Tengah sebagai prioritas," jelas Sakral.

Sakral Wijaya mengungkapkan bahwa, Ketua BPP KKLR Arsyad Kasmar, juga telah bertemu dengan Datu Luwu di jakarta, andi maradang mackulau.

"Beliau pak arsyad dalam pertemuannya melaporkan terpilihnya beliau juga membahas apa saja yang akan menjadi prioritas KKlR kedepannya, beliau ingin mensingkronkan apa yang telah lama menjadi harapan sekuruh wija to kuwu dalam hal ini demi bisa terwujudknya provinsi Luwu Raya," tuturnya.

Olehnya itu kata dia, Bapak Arsyad Kasmar meminta dukungan masyarakat Luwu Raya, agar cita-cita luhur pejuang Luwu Raya bisa tercapai. 

"Jadi, dlam pertemuan tersebut Datu luwu saat ini berfokus agar Toraja dan Enrekang dan beberapa kabupaten lain ikut bergabung untuk masuk menjadi kabupaten dibawa naungan prov Luwu Raya nantinya. Agar syarat pembentukan luwu raya dapat terpenuhi,"

Sakral Wijaya menambahkan, dari pertemuan pak arsyad dan Datu luwu , beliau menyampaikan ke pak arsyad sudah berkoordinasi dengan pemangku adat, Tokoh Toraja dan Enrekang untuk diajak bergabung memperjuangkan provinsi Luwu Raya.

"Dengan melakukan pendekatan historis dan sejarah-sejarah antara beberapa daerah tersebut yg juga berdekatan secara letak wilayah ," beber Sakral meneruskan perkataan pak arsyad.

Kendati demikian lanjutnya, yang menjadi prioritas utama Ketua KKLR Arsyad Kasmar dalam pembentukan prov luwu raya adalah tetap pada bagaimana menjadikan Luwu Tengah sebagai kabupaten baru yang telah lama diperjuangkan dan di idamkan oleh masyarakat dan tokoh - tokoh luwu raya.

"Jangan ditunggangi politik, ketika dimekarkan, maka siapapun yang terpilih sebagai pemimpin tidak ada masalah, yang jelas cita cita luhur pembentukan kab luwu tengah dan provinsi luwu raya ini harus tetap di teruskan dan di kawal sampai tuntas" terangnya.

Ia juga menuturkan bahwa, Provinsi Luwu Raya ini selalu ramai diperbincangkan dan di idamkan oleh seluruh wija to luwu . Olehnya, yang pertama pemekaran Luwu Tengah harus diperjuangkan untuk menjadi kabupaten, itu adalah prioritas bapak Arsyad Kasmar.

"Beliau Pak Arsyad kasmar ingin tetap mengawal terbentuknya provinsi luwu raya, karena potensi luwu raya sangat luar biasa baik dari segi sdm dan sda dan juga infrastruktur yang sdh ada dan sisa di tingkatkan," jelasnya. 

"Beberapa contoh bandara di kab luwu, juga pelabuhan tanjung ringgit kota palopo. Beliau berjanji akan mengoptimalkan segala jejaring yang ada, dengan membangun komunikasi kepada seluruh wija to luwu baik di pusat sampai daerah, harus bersinergi satu sama lain," sambungnya.

"Saat ini ada dua orang putra asli walmas yang duduk DPR RI ada bapak syarifuddin sudding dan bapak devie syukur bijak , dengan bantuan kerja sama dua Tokoh ini dan tokoh luwu raya lainnya serta bermodalkan jejaring yang ada pada beliau, yang diktahu akrab dengan beberapa elit nasional seperti Ketua Komis II Ahmad Doli dan beberapa petinggi partai seperti Cak imin , Airlangga dan ketua partai lainnya kami yakin perjuangan ini bisa dituntaskan."pungkasnya. (ip)