Kemenpar Bakal Ikut di Seatrade Cruise Global Amerika

By Admin


nusakini.com Jakarta - Kapal pesiar atau cruise merupakan pasar wisata yang memiliki potensi yang sangat menggiurkan, terutama di negeri Amerika Serikat. Untuk memaksimalkan potesi pasar tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Konsulat Jenderal RI di Houston AS akan melakukan berbagai upaya untuk menggarapnya..

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kemenpar,  Nia Niscaya,  Wonderful Indonesia bakal ikut tampil di perhelatan Seatrade Cruise Global, di Fort Lauderdale, Florida, 14-17 Maret  2016. 

“Para pelaku industri yang bergerak di bidang cruise line baik pemerintah maupun swasta bakal terbang ke sana,” ujar Nia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/3/2016).

Untuk mengoptimalkan hal ini, lanjut Nia, pihaknya juga akan menggandeng Kementerian Koordinator Kemaritiman (Kemenkomaritim), Kementerian Perhubungan, Badan Keamanan Laut (Bakamla), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS Sabang), serta  Pelindo III untuk bersama-sama menjadikan pariwisata sebagai anak panah, membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia.

”Selain itu industri pariwisata yang bergelut di bidang kapal pesiar yaitu Cruise Asia by Destination Asia dan PT. Indonesia GAC juga akan ikut bagian,” papar Nia.

 Menurut dia, masih dengan mengusung brand Wonderful Indonesia (WI) dan desain yang terinspirasi oleh keanggunan kapal Phinisi, partisipasi di Amerika tersebut diharapkan mampu menarik banyak minat industri yang berkecimpung di bidang pariwisata kapal pesiar.

”Sudah tercatat tidak kurang dari 59 perusahaan kapal pesiar yang turut berpartisipasi untuk datang ke pavilion Indonesia dan bertransaksi dengan industri pariwisata kapal pesiar yang ada di Indonesia,” paparnya.(mk)