Kebun Raya Purwodadi LIPI Lakukan Terobosan Kinerja Berbasis IT

By Admin

Terobosan Kinerja Berbasis IT pada Kebun Raya Purwodadi LIPI (Foto: LIPI) 

nusakini.com - Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Purwodadi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau kerap disebut Kebun Raya Purwodadi LIPI saat ini tengah berupaya meningkatkan layanan publik agar semakin prima. Salah satu terobosan satuan kerja LIPI di Jawa Timur ini yakni dengan penerapan aplikasi berbasis information technology (IT) untuk meningkatkan kinerjanya.

Kebun Raya Purwodadi LIPI sendiri saat ini setidaknya telah membangun lima sistem berbasis IT sebagai penunjang kinerja. “Tujuan kami membangun sistem ini untuk memberikan layanan terbaik bagi para stakeholder terkait dan juga masyarakat umum,” kata R. Hendrian, Kepala BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI. 

Hendrian menyebutkan, kelima sistem yang dibangun oleh institusi yang dipimpinnya itu, antara lain E-KIOSK, SIRANDU, SIRAPI, SIKATAN, dan Sistem E-Kinerja Unit. “Pembangunan sistem-sistem tersebut untuk menunjang penerapan Reformasi Birokrasi. Kami berharap dapat meningkatkan fungsi pelayanan publik dan proses bisnis yang berjalan di kantor semakin efektif dan efisien,” jelasnya. 

Penjelasan lengkap tentang sistem-sistem berbasis IT yang telah dibangun oleh Kebun Raya Purwodadi LIPI sebagai berikut: 

E-KIOSK. E-KIOSK berupa E-Info Layanan, merupakan sistem yang dibangun untuk sarana promosi dan penyebaran informasi kepada masyarakat. Melalui sistem ini informasi tentang Kebun Raya Purwodadi LIPI, baik berupa visi, misi, sejarah, koleksi menarik, layanan, serta prestasi dapat secara mudah diakses oleh masyarakat dengan meng-klik/memilih menu-menu yang ada pada monitor E-KIOSK yang dipasang di lobi Kantor Kebun Raya Purwodadi LIPI. 

SIRANDU. Sistem Pencarian Terpadu ini merupakan salah satu inovasi pelayanan publik yang belum pernah ada di Kebun Raya lainnya. Sistem ini memudahkan publik/masyarakat dan pegawai Kebun Raya Purwodadi LIPI mengetahui informasi tentang koleksi tanaman, koleksi herbarium, koleksi bank biji yang ada di Kebun Raya Purwodadi dalam satu kali pencarian. Sistem yang terintegrasi tersebut dapat diakses langsung melalui website dengan domain https://www.krpurwodadi.lipi.go.id/sirandu maupun melalui E-KIOSK pegawai yang dipasang di lobi Kantor Kebun Raya Purwodadi LIPI. Dengan sistem ini, informasi yang diperlukan dapat secara cepat diperoleh masyarakat. 

SIRAPI. Sistem Informasi Realisasi Anggaran Kebun Raya Purwodadi LIPI yang dibangun merupakan sistem informasi yang berguna untuk memudahkan pihak manajemen Kebun Raya Purwodadi LIPI untuk melihat anggaran yang direncanakan dan memantau serapan anggaran maupun realisasi Pendapatan Belanja Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain berguna untuk memudahkan monitoring pihak manajemen, sistem ini juga sangat membantu dalam hal transparansi pengelolaan keuangan kepada pegawai. Hal ini sangat bermanfaat dalam mewujudkan Zona Integritas dengan komitmennya menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi. 

SIKATAN. Sistem Informasi Katalog Koleksi Tanaman Kebun Raya Purwodadi LIPI merupakan sistem informasi yang dapat memasukkan, mengubah atau menghapus data koleksi tanaman Kebun Raya Purwodadi secara online berbasis web, sehingga pekerjaan peng-update-an koleksi tanaman berlangsung lebih mudah, transparan, cepat dan akurat. 

Sistem E-Kinerja Unit. Adanya tuntutan dalam hal pelaporan yang serba cepat dan akurat, Kebun Raya Purwodadi LIPI membuat inovasi dalam hal pelaporan kinerja unit menggunakan teknologi informasi lewat Sistem E-Kinerja Unit. Sistem ini menampilkan capaian kinerja secara global disajikan dalam bentuk grafik progress, sedangkan capaian kinerja secara detail disajikan dalam bentuk tabel. (p/mk)