Jokowi Terus Galakkan Pentingnya Gizi Baik Bagi Anak dan Ibu Hamil

By Admin


nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pembagian sembako dan makanan tambahan kepada ribuan masyarakat Provinsi Banten. Dalam kesempatan itu pula, Jokowi menekankan pentingnya pemenuhan gizi bagi ibu hamil, balita dan anak-anak.

"Kenapa ini diberikan, penting sekali, pertama untuk ibu-ibu hamil, kitaenggak mau ada gizi buruk, untuk anak anak balita kita. Yang ketiga untuk anak-anak sekolah, terutama di SD, ini akan kita beri makanan tambahan dan akan terus kita gaungkan betapa pentingnya sumber protein bagi anak-anak kita," kata Jokowi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangantu, Serang, Banten, Minggu (11/9/2016).

Pemberian makanan tambahan berupa biskuit kepada anak-anak dan ibu hamil sebelumnya sudah di mulai di Nias. Jokowi berniat melanjutkan kegiatan serupa di Jawa Timur dan Jawa Barat dalam waktu dekat.

"Ini memang di Nias, kemudian di Banten, nanti setelah ini akan di Situbondo, Jawa Timur, kemudian di Jawa Barat. Terus akan terus kita lakukan dalam minggu-minggu ini dan minggu-minggu depan. Karena ini penting untuk investasi masa depan anak-anak kita," jelas dia.

Langkah ini akan terus digalakkan, terutama di daerah-daerah dengan angka gizi buruk yang masih tinggi. Jokowi mengakui bahwa masih ada kasus gizi buruk di semua daerah di Indonesia. Karenanya, harus ditanamkan pengertian mengenai pentingnya menjaga asupan gizi sejak ibu hamil.

"Diberikan pengertian secara sederhana betapa pentingnya yang namanya gizi, yang namanya sumber protein, mereka harus mengerti itu, jangan sampai kejadian tadi kita lihat ada beberapa anak sangat kurus sekali," kata Jokowi.

Pembagian sembako dan makanan tambahan ini dilakukan di tiga titik di Banten yakni Puskesmas Warunggunung, Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu, Kota Serang. Masing-masing titik mendapat jatah 1000 buah paket sembako.

Dalam kunjungan kerja dan pemberian bantuan sembako ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.(p/mk)