Jerman akan Mulai Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Hingga Usia 5 Tahun

By Nad

nusakini.com - Internasional - Anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun akan memenuhi syarat untuk mulai menerima dosis vaksin COVID-19 minggu ini di Berlin, kata pejabat kesehatan Minggu (12/12), bergabung dengan negara-negara bagian Jerman lainnya dalam memulai vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak yang lebih muda.

Anak-anak dalam kelompok usia tersebut akan bisa mendapatkan dosis pertama suntikan Pfizer/BioNTech di pusat vaksinasi massal Berlin di sekolah, kantor dokter dan bahkan di Natural History Museum di kota tersebut.

Berita itu muncul beberapa hari setelah panel penasihat vaksinasi independen Jerman mengatakan pada hari Kamis (9/12) bahwa pihaknya merekomendasikan vaksinasi untuk anak-anak usia 5 hingga 11 dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya atau yang berada dalam kontak dekat dengan orang-orang yang rentan. Anak-anak dalam kelompok usia ini harus menerima dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech dengan selang waktu tiga hingga enam minggu, kata panel tersebut.

Panel, yang dikenal dengan akronim bahasa Jermannya STIKO, menambahkan bahwa anak-anak kecil tanpa kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya dapat divaksinasi jika ada "keinginan individu" untuk melakukannya, sebuah langkah singkat yang menyarankan agar semua anak dalam kelompok usia tersebut mendapatkan suntikan vaksin.

Pejabat tinggi pemerintah telah mendorong untuk membuat vaksin tersedia untuk anak-anak muda di seluruh negeri.

''Bagi banyak anak berusia 5 hingga 11 tahun dan keluarga mereka, kabar ini sangat melegakan,'' kata menteri keluarga baru Anne Spiegel kepada grup media Funke dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Minggu.

Negara bagian Jerman lainnya, termasuk North Rhine-Westphalia, Hamburg dan Bavaria, juga akan menyediakan foto untuk kelompok usia 5-11 dalam beberapa hari mendatang.