Jepang Tunda Penyetujuan Obat Covid-19 Oral yang Domestik

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah panel kementerian kesehatan Jepang pada hari Rabu (20/7) menunda keputusan untuk menyetujui penggunaan obat COVID-19 oral yang dikembangkan oleh Shionogi & Co., kedua kalinya untuk keputusan yang ditunda setelah pertemuan bulan lalu.

Penangguhan oleh anggota panel Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan dan keputusan mereka untuk melanjutkan diskusi terjadi di tengah kekhawatiran bahwa perusahaan farmasi Jepang tersebut tidak dapat menunjukkan kemanjuran obat dalam uji klinisnya.

Badan Farmasi dan Alat Kesehatan mengatakan pil coronavirus yang diberikan secara oral "Xocova" tidak efektif, mencatat itu "saat ini, tidak dapat menentukan apakah itu dapat digunakan sebagai pilihan untuk pengobatan," menurut dokumen yang diserahkan ke panel.

Meskipun uji klinis fase menengah menunjukkan kemanjuran dalam mengurangi virus corona di dalam tubuh, tidak ada perbedaan substansial dalam mengurangi total 12 gejala seperti sakit kepala dan mual antara mereka yang diberi obat versus plasebo.

Shionogi telah mengajukan persetujuan awal bersyarat obat itu dengan kementerian kesehatan pada Februari.

Pemerintah Jepang telah setuju untuk membeli dosis yang cukup untuk 1 juta orang jika penggunaan obat tersebut diberi lampu hijau. (kyodo/dd)