Jepang akan Anggap Covid sebagai Flu Musiman Biasa

By Nad

nusakini.com - Internasional - Jepang sedang mempertimbangkan untuk menyederhanakan cara menangani virus corona, sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan pada hari Jumat (26/8), berpotensi mengambil langkah untuk menurunkan virus dan memperlakukannya seperti flu musiman.

Dalam uji coba yang mungkin dimulai pada pertengahan September, pemerintah berencana untuk memilih beberapa institusi medis dan meminta mereka untuk melaporkan jumlah infeksi secara teratur, kata sumber tersebut. Ini akan membuka jalan bagi pergeseran dari ukuran pelaporan saat ini pada semua individu yang dikonfirmasi terinfeksi.

Pemerintah secara terpisah akan mengubah sistem pelaporan virus corona secara rinci. Perdana Menteri Fumio Kishida mengumumkan minggu ini sebuah rencana untuk memungkinkan kota membatasi target untuk orang tua dan mereka yang berisiko mengalami gejala parah sambil terus melaporkan jumlah total kasus positif harian.

Revisi tersebut datang sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi beban rumah sakit dan pusat kesehatan setempat karena jenis Omicron telah mendorong kasus lebih tinggi secara tajam dan membuat sistem medis terbengkalai.

Langkah itu juga mengikuti seruan dari para ahli medis dan lainnya di pemerintah untuk menurunkan klasifikasi virus corona ke tingkat yang mirip dengan flu musiman dan mengambil pendekatan yang lebih fleksibel dalam pertempuran untuk membendung penyebaran virus sambil menyeimbangkan kegiatan sosial ekonomi.

Pada hari Jumat, Jepang mencatat sekitar 192.000 kasus virus corona setiap hari, menurut laporan pemerintah setempat.

Tokyo mencatat 18.423 infeksi baru, turun sekitar 9.200 dari seminggu sebelumnya. Rata-rata kasus baru selama tujuh hari di ibu kota mencapai 21.986,9 per hari, turun 13,4 persen dari minggu sebelumnya, kata pemerintah metropolitan. (kyodo/dd)