Jelajahi Pembangunan Infrastruktur Jateng secara Virtual Hingga 8 Desember 2021

By Abdi Satria


nusakini.com-Semarang- Bila pameran biasanya dapat dinikmati di sebuah gedung dengan berbagai macam display, namun tidak untuk Event Virtual 2021. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah ini disuguhkan secara virtual.

Masyarakat dapat menjelajahi hasil pembangunan infrastruktur yang dibangun di tahun 2021 dengan lebih mudah. Bukan hanya itu, pameran kali ini juga dilengkapi dengan poto, video dan anggaran di masing-masing proyek.

Cukup mengakses laman https://pameranvirtual.dpubinmarcipka.jatengprov.go.id/ melalui laptop, personal computer, maupun gawai, kemudian mengisi buku tamu, pengunjung bisa mencari tahu pembangunan di provinsi ini. Mulai dari jalan nasional, provinsi, pembangunan permukiman, kawasan industri, dan sebagainya.

Penampilannya pun menarik. Pengunjung akan dibawa menikmati pameran bak suasana pameran offline. Ada petunjuk jalur yang bisa ditempuh, hingga aneka informasi yang seolah dipajang di dinding.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Hanung Triyono mengatakan, pameran dalam bentuk virtual kali ini sebagai langkah keterbukaan kepada masyarakat, atas apa yang telah dikerjakan pemprov di sektor pembangunan infrastruktur.

“Di samping untuk merekap semua kegiatan, juga memberi informasi kepada masyarakat apa yang telah kami kerjakan selama ini,” ujarnya, saat ditemui Jumat (3/12/2021).

Pameran virtual, lanjut dia, dapar diakses sampai 8 Desember 2021 mendatang, melalui laman https://pameranvirtual.dpubinmarcipka.jatengprov.go.id/. Namun, hal itu dapat dikembangkan sebagai wahana informasi harian.

“Tapi tadi saya sampaikan kanal ini bisa di-update harian,” tuturnya.

Hanung menjelaskan, dalam pameran itu ditampilkan poto, video proses pembangunan hingga hasil akhirnya. Selain itu juga diberi keterangan terkait besaran anggaran yang dibutuhkan di masing-masing proyek.

“Semua kegiatan infrastruktur di Jawa Tengah, baik embung, jalan, jembatan, bendungan dan pemukiman. Ada gambar, video proses dan hasilnya, termasuk informasi anggaran,” imbuhnya.

Hanung berharap, capaian pembangunan infrastruktur tahun ini bukan hanya dilihat, tapi juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Semua yang kami kerjakan bisa dinikmati masyarakat, bukan hanya dilihat tapi juga dirasakan manfaatnya,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah, Eko Yunianto menambahkan, pameran virtual itu sebagai bentuk share informasi kepada masyarakat.

“Sehingga masyarakat tahu mendapat manfaat, dan terangsang untuk merasa memiliki. Nantinya akan tumbuh kesadaran memelihara sarana dan prasarana yang dibangun,” katanya.

Selain itu, imbuh Eko, kegiatan kali ini juga sebagai wujud sinergitas rumpun dinas pekerjaan umum. Seperti, Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya, Disperakim, serta PSDA.

“Ini menunjukkan solidnya rumpun PU dalam melayani masyarakat,” tandasnya.(rls)