Jejak Kaki Manusia Tertua di Amerika Utara Ditemukan di New Mexico

By Nad

nusakini.com - Internasional - Jejak kaki yang diduga berusia 23.000 tahun ditemukan di Amerika Serikat, dan menunjukkan manusia sudah tinggal di Amerika Utara jauh sebelum Zaman Es berakhir, menurut para peneliti.

Temuan yang diumumkan pada hari Kamis (23/9) itu mendorong kembali tanggal di mana benua tersebut dijajah oleh penghuni pertamanya selama ribuan tahun.

Jejak kaki yang ditinggalkan di atas lumpur di samping sungai yang sudah lama kering ini sekarang menjadi padang pasir di New Mexico.

Sedimen mengisi lekukan dan mengeras menjadi batu, melindungi bukti mengenai manusia zaman dahulu, dan memberi para ilmuwan wawasan terperinci tentang kehidupan mereka.

Jejak kaki pertama ditemukan di dasar danau kering di Taman Nasional White Sands pada tahun 2009. Para ilmuwan di Survei Geologi Amerika Serikat baru-baru ini menganalisis benih yang menempel di jejak kaki untuk menentukan perkiraan usia mereka, mulai dari 22.800 hingga 21.130 tahun yang lalu.

“Banyak trek yang tampak seperti remaja dan anak-anak; Jejak kaki orang dewasa yang besar lebih jarang,” tulis penulis studi yang diterbitkan dalam jurnal Amerika, Science.

“Satu hipotesis untuk hal ini adalah pembagian kerja, dimana orang dewasa terlibat dalam tugas-tugas terampil sedangkan 'mengambil dan membawa' didelegasikan kepada remaja."

“Anak-anak menemani para remaja, dan secara kolektif mereka meninggalkan lebih banyak jejak kaki.”

Para peneliti juga menemukan jejak yang ditinggalkan oleh mamut, serigala prasejarah, dan bahkan sloth raksasa, yang ditemukan terjadi secara bersamaan dengan jejak kaki manusia di danau tersebut.