nusakini.com - Internasional - Jejak kaki dinosaurus yang berusia 100 juta tahun telah ditemukan di wilayah barat daya China setelah seorang pengunjung restoran melihatnya di halaman luar sebuah restoran.

Beberapa lubang batu di restoran di Leshan, provinsi Sichuan, berisi jejak kaki dua sauropoda, sejenis dinosaurus yang hidup pada awal periode Cretaceous, kata Lida Xing, ahli paleontologi dan profesor di China University of Geosciences.

Tim Xing mengkonfirmasi penemuan itu pada hari Sabtu (16/7) menggunakan pemindai 3D.

Sauropoda, yang dikenal karena leher dan ekornya yang panjang, adalah hewan terbesar yang pernah berjalan di Bumi. Mereka bisa tumbuh sepanjang tiga bus sekolah dan sangat berat sehingga tanah pasti berguncang saat mereka berjalan.

Dua sauropoda yang meninggalkan jejak mungkin berukuran sekitar 8 meter (26 kaki) panjang tubuhnya, kata Xing.

Meskipun banyak fosil dinosaurus dari periode Jurassic telah ditemukan di Sichuan, jauh lebih sedikit fosil dari periode Cretaceous yang ditemukan. Periode Kapur adalah ketika "dinosaurus benar-benar berkembang," kata Xing, menambahkan, "penemuan ini sebenarnya seperti teka-teki, menambahkan sepotong bukti periode Kapur Sichuan dan keragaman dinosaurus."

Perkembangan pesat China dalam beberapa dekade terakhir telah membuat paleontologi - studi kehidupan kuno melalui catatan fosil - lebih sulit, kata Xing.

"Jarang ditemukan fosil di kota, karena semuanya tertutup bangunan," katanya. Timnya bertujuan untuk mengunjungi situs-situs penemuan potensial dalam waktu 48 jam setelah menerima laporan, karena takut mereka "dapat dihancurkan oleh pekerjaan konstruksi dalam beberapa hari," tambahnya.

Sebelum menjadi restoran, lokasi ini digunakan sebagai peternakan ayam, dengan jejak kaki dinosaurus terkubur oleh lapisan tanah dan pasir -- melindungi mereka dari erosi dan kerusakan cuaca.

Kotoran itu baru dibersihkan sekitar setahun yang lalu saat restoran dibuka. Pemiliknya menyukai tampilan alami dari batu yang tidak rata, jadi dibiarkan tidak tersentuh alih-alih meratakannya dengan semen, kata Xing.

Akibatnya, "jejak kaki ini terlindungi dengan baik," kata Xing. "Ketika kami pergi ke sana, kami menemukan bahwa jejak kaki itu sangat dalam dan cukup jelas, tetapi tidak ada yang memikirkan (kemungkinan bahwa itu jejak dinosaurus)."

Pemilik restoran sekarang telah memagari situs untuk mencegah orang menginjak lubang, dan mungkin membangun gudang untuk melindungi jejak kaki lebih jauh, kata Xing, menambahkan bahwa itu adalah tanda sambutan dari minat ilmiah yang lebih besar di kalangan masyarakat.

"Jika 10 tahun yang lalu, tidak ada yang akan mengirimi saya foto yang diduga dinosaurus (fosil atau jejak kaki)," katanya. "Tapi sekarang, saya mendapatkan beberapa dari warga normal, dan saya mengkonfirmasi beberapa jejak kaki dinosaurus setiap tahun." (cnn/dd)