Jalin Kerjasama Bersama Unsur TNI Polri Dinas PP Dan KB Kota Makassar Genjot Program Keluarga Berencana

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar- Dinas Keluarga Berencana dan kependudukan Kota Makassar menggelar Rapat Kerja Daerah Program Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Tingkat Kota Makassar Tahun 2019 yang diadakan di Claro Hotel.Selasa (30/4)

Tema dalam rapat kerja daerah yang dilaksanakan Dinas PP dan KB adalah "Meningkatkan Sinergitas Implementasi Program Kerja pusat dan Daerah Dalam Mewujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang Dan Keluarga Berkualitas"

Program pembangunan Keluarga Berencama adalah salah satu kebijakan Pemerintah kota Makassar yang memiliki implementasi tinggi menanggulangi masalah kependudukan dan pembangunan keluarga yang bersifat kuantitatif dan kualitatif, sehingga menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota dengan mengsjak stakeholder yang ada bersama sama menekan jumlah laju penduduk.

Muhammad Ramli Kepala bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana pada dinas PP dan KB Kota Makassar menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakaannya rapat kerja adalah sebagai forum evaluasi seluruh stakeholder yang terlibat didalam pelaksanaan program KB tahun lalu.

"Rapat kerja daerah ini, adalah sebagai bahan evaluasi program tahun lalu,dan wadah bagi segenap stakeholder pelaksana KB dalam menyusun rencana kerja secara berjenjang untuk mensukseskan program KB," ucapnya.

Asisten satu Azis Hasan menjelaskan salah satu kebijakan strategis pemkot Makassar dalam mensejahterakan penduduknya adalah dengan tiga misi yakni;

Merekonstruksi nasib rakyat menjadi masyarakat sejahtera standar dunia. Merestorasi Tata ruang Kota menjadi kota nyaman kelas dunia. Mereformasi Tata pemerintahan menjadi pelayanan publik kelas dunia bebas korupsi.

"Untuk mewujudkan kebijakan strategis tersebut dengan jalan mensukseskan program KB. Ini tidak saja sebatas pemakaian alat kontrasepsi, namun tujuan utamanya adalah untuk mensejahterakan pasangan usia subur dengan memgikuti program KB," jelasnya.

Selain menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah. Acara ini dirangkaikan dengan penanda tanganan MoU oleh masing masing intasnsi terkait diantaranya dari unsur TNI, Polri, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Makassar. Dalam rangka kerjasama mengsukseskan program Keluarga berencana dengan cara menambah pengguna KB akseptor baru bagi pasangan usia subur dan menekan laju pertumbuhan penduduk .

Salah satu pembawa Materi pada kegiatan Rapat kerja Daerah adalah Kepala Dinas Kesehatan Kota Makasar Hj. Naisyah Tun Azikin.(dayat)