Ini Tips Cara Berbuka Puasa yang Sehat

By Admin

Foto/Ilustrasi  

nusakini.com - Hari ini, umat muslim mulai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Supaya tetap bugar, maka harus mengikuti pola makan dengan gizi seimbang. Selain itu, jangan sampai berbuka puasa dengan porsi yang berlebihan.

Nutrisionis atau Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Triyani Kresnawan mengatakan, pada prinsipnya makan pada bulan puasa tetap harus seimbang, dalam arti sesuai kebutuhan. Ia menyesalkan sebagian pola masyarakat, yang saat buka dan saat sahur justru dilakukan berlebihan. 

Agar tubuh tetap bugar dan sehat, ia menjelaskan tata cara pola makan yang tepat saat berbuka puasa. Hal ini dilakukan agar sistem pencernaan tetap baik.

Ini urutanya saat berbuka puasa agar badan tetap sehat dan bugar.

 1. Air Putih dan Kurma

Pola makan yang tepat adalah buka puasa dengan air putih dan kurma 3 buah atau jus buah. Saat buka puasa, sebaiknya minum 2 gelas air putih.

2. Camilan

Camilan yang dipilih pun sebaiknya jangan sesuatu yang digoreng atau gorengan. Kolak lebih baik untuk camilan. Porsinya kolak 1 mangkok sedang. Kemudian menunaikan salat Magrib.

3. Setelah Salat Magrib  

Makan porsi lengkap dengan gizi seimbang. Kemudian minum air putih 2 gelas hingga salat Isya.

4. Setelah Tarawih

Konsumsi buah 1 potong sedang ditambah susu non fat (tanpa lemak).

5. Sebelum Tidur 

Minum air putih 1 gelas sebelum tidur baik dilakukan.

6. Sahur

Makan sahur lengkap dengan gizi seimbanh. Nasi secukupnya sesuai kebutuhan. Air putih dua gelas. Sehingga total air putih 8 gelas per hari. (b/mr)