Ini Doa Menag Saat Peringatan Hari Pahlawan di TMP Cikutra Bandung

By Admin


nusakini.com-Bandung-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin doa upacara peringatan Hari Pahlawan yang dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). 

Berikut doa yang dipanjatkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin: 

  Ya Allah, Tuhan Alam Semesta, 

Dalam keheningan dan kesyahduan suasana, keharibaan-Mu kami persembahkan puji syukur serta doa.

Curahkanlah rahmat dan kasih-Mu kepada para pahlawan kesatria,  

mereka yang telah gugur sebagai kusuma bangsa.

Ampunilah mereka, lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanan mereka, dan masukkanlah mereka ke dalam kelompok hamba-Mu yang berhak menikmati surga. 

  Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi, Berilah kami kekuatan, kesabaran, dan petunjuk-Mu penentram hati, untuk meneruskan cita-cita dan perjuangan pahlawan kami. 

Berilah kami kemampuan memelihara dan mengisi kemerdekaan ini, mewujudkan masyarakat yang sejahtera mandiri, penuh rahmat-Mu yang tiada bertepi. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mengasihi, 

Jadikanlah Ziarah Nasional ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa kami.

Sinarilah kami dengan cahaya pengetahuan.

Agar kami selalu berkemampuan menyikapi kemajemukan dengan kearifan. 

Menyikapi keragaman dengan kebijakan sebagai modal kami merawat keindonesiaan. 

Upacara yang dipimpin Presiden Joko Widodo sekaligus sebagai Inspektur Upacara dihadiri oleh Menkopolhukam Wiranto, Panglima TNI dan sejumlah menteri kabinet kerja lain.  

Selain dari unsur TNI dan Polri, upacara juga diikuti dengan khidmat oleh para siswa SD, SMP, SMA/SMK, Dharma Wanita, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI (FKKPI), PPM, KNPI, Korpri, Mahasiswa serta para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri), Persatuan Istri Purnawirawan (Perip), Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (Piveri), dan Kowaveri. (p/ab)