Ini Cara Mudah Berhaji Sehat

By Admin


nusakini.com - Saat ini, Kementerian kesehatan telah memproduksi materi penyuluhan kesehatan haji dalam bentuk Mp3 dan Mp4. Materi Mp3 akan dipasang dalam bus dan materi Mp4 akan dipasang di Maktab/pemondokan. Ada 5 jenis materi penyuluhan yakni, bila jemaah memiliki penyakit kronis, menghindari keracunan makanan, mencukur rambut yang sehat, mencegah infeksi pernafasan, hindari kelelahan dan sengatan matahari.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Eka Jusuf Singka, MSc, 07 Agustus 2017, di Jakarta.

Tujuan memproduksi materi penyuluhan dalam bentuk Mp3 dan Mp4 ini, guna memberi kemudahan akses bagi jemaah haji, petugas haji dan masyarakat tentang hal-hal penting yang harus dipahami terkait dengan menjaga diri dan jemaah dari penyebaran penyakit, saat melaksanakan ibadah haji.

“Selain mudah diakses, materi penyuluhan ini, juga murah dan sederhana. Semoga jemaah haji dan masyarakat pada umumnya terbantu dalam memahami dan melaksanakan ibadah haji dan umrah yang sehat, mandiri dan mabrur”, harap dr. Eka.

Lebih lanjut, Kapuskes Haji berharap kepada semua petugas haji dan jemaah haji dapat menyampaikan informasi materi penyuluhan kesehatan haji ini kepada masyarakat yang lebih luas, sehingga masyarakat mendapat manfaatnya.

“Untuk menambah kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses materi kesehatan haji, materi-meteri penyuluhan tersebut akan di masukan dalam aplikasi haji sehat. Kini, aplikasi Haji Sehat sudah bisa didownload di playstore “, jelas Eka

Kapuskes Haji juga meminta kepada masyarakat yang ingin menyampaikan pesan kesehatan silahkan menyampaikan melalui alamat email ke siskohatkes.puskeshaji@gmail.com. subject email: Haji Sehat (spasi) judul materi;

“Tolong sosialisasikan kepada jemaah haji atau melalui ketua regu tentang aplikasi ini, agar masyarakat dapat mengambil manfaatnya”, jelas dr. Eka. (p/ma)