Indonesia Fokus Kembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk adalah muslim memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Maka dari itu, saat ini pemerintah berfokus menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia.

“Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar memiliki potensi pasar yang besar, tetapi tidak tergarap optimal. Padahal, itu bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru,” ujar Kepala Sekretariat Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Wempi Saputra.

Lebih lanjut, Wempi memberikan contoh dalam konteks industri produk halal. Eksportir besar produk halal di dunia justru berasal dari negara Brazil dan negara-negara lain yang populasi muslimnya tidak sebesar Indonesia.

“Selain itu, saat ini inisiatif pembangunan global berfokus pada yang sifatnya sustainable development goals (SDG). Ekonomi syariah sebenarnya juga memiliki nilai-nilai yang konsisten untuk SDG, hanya saja kembali lagi perkembangannya belum tergarap optimal,” kata Wempi.

Kondisi tersebut mendorong Indonesia untuk bisa mengoptimalkan peran dari kegiatan ekonomi syariah dan membentuk KNEKS.

“Bukan hanya sekedar menjadi salah satu pilihan, tetapi menjadi arus utama atau mainstream yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di ekonomi global dengan memanfaatkan populasi atau demand potential yang begitu besar di Indonesia maupun dunia,” ujar Wempi. (rls)