Hotel Peduli Lingkungan Versi Nusakini di Tahun 2019

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Di penghujung bulan Desember , ada tujuh penilaian versi nusakini.com yang di berikan kepada hotel yang ada di makassar untuk mengakhiri tahun 2019.

Tujuh penilaian tersebut diantaranya Hotel Dengan Pelayanan terbaik, Menu Sarapan bervariasi, terbersih, Peduli Lingkungan, Aktif dalam kegiatan sosial, Rutin menggelar kegiatan olahraga, dan Kamar Ternyaman. 

Penilaian ini berdasarkan pengalaman Tim Redaksi nusakini.com selama tahun 2019."Kami berharap hotel di Makassar dapat berkembang dan terus meningkatkan kualitas hotelnya,"Ujar Abdi Satria Dewan Redaksi Nusakini.com

Berikut adalah daftar Hotel Peduli Lingkungan versi Nusakini.com di tahun 2019.


Ibis Makassar City Centre (IMCC)

Totalitas Ibis Makassar City Centre (IMCC) dalam mendukung program planet 21 milik Accor tidak perlu di ragukan lagi. 

Sejak tahun 2018 pihak hotel sudah tidak menggunakan sedotan plastik menjadi kertas,mengganti botol plastik dengan menyiapkan air galon yang dituang ke gelas,menggunakan paper bagian untuk makanan tertentu. 

Selain itu pihak hotel juga mengajak para tamu untuk menggunakan satu handuk satu hari lebih lama.Satu handuk yang di cuci lebih lama dapat menghidupi satu pohon. 

Ada juga penghijauan di area hotel dengan menanam kebutuhan dapur seperti Lombok,kemangi,pisang,markisa ,sawi dan masih banyak lagi.

Pihak hotel juga bekerjasama dengan mall sampah untuk mengelola limbah makanan dan diversey untuk mengelola sabun bekas hingga menjadi layak pakai. 

"Untuk sampah plastik yang seperti botol minuman kami kreasikan menjadi hiasan kamar dan air minuman yang masih sisa tidak kami buang tapi di kumpulkan dalam wadah untuk menyiram tanaman. Awalnya ada banyak kebiasaan yang harus kami rubah dan itu tidak mudah.Apalagi kita harus mengkampanyekannya kepada para tamu.Namun sejauh ini banyak tamu merespon positif program kami dan itu yang membuat kami selalu optimis dan terus berinovasi," Ujar Gede Pratama General Manager (GM) Ibis Makassar City Centre (IMCC). 


MaxOne Hotel Makassar

Memiliki luas lahan Tiga Hektare tidak membuat MaxOne Hotel Makassar menggunakan semuanya untuk bangunan.

Hampir Setengah dari luas lahan hotel di manfaatkan menjadi taman untuk menciptakan pengalaman berbeda bagi para tamu meski letaknya berada di dalam kota.

Bukan hanya sekedar membuat taman untuk menciptakan pemandangan,pihak hotel juga menanam berbagai macam jenis tumbuhan produktif seperti Belimbing,Jambu,Asam,Cabai,dan beberapa buah-buahan lainnya.

Mantan General Manager (GM) MaxOne Hotel Makassar Gifta Rappe juga pernah mendapat apresiasi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sulawesi Selatan untuk melakukan penanaman secara simbolis beberapa jenis tumbuhan langka di taman hotel pada Rabu (22/5) pada peringatan hari KEHATI 2019.


Swiss-Belhotel Makassar

Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 74 lalu, Swiss-Belhotel Makassar menyelenggarakan kegiatan Corporate Social and Environment Responsibility bertema "Save The Planet Plant a Tree" Selasa (6/8). 

Dalam kegiatan ini,pihak hotel menanam bibit pohon Mahoni di area depan medan jalan Benteng Rotterdam. 

"Kami sengaja membuat kegiatan yang berbeda dari yang lain,"Ujar Devi Sugianto Human Resources Manager (HRM) Swiss-Belhotel Makassar kala itu.(R/Rajendra)