HD Minta GPKAN Cari Solusi Permasalahan Berbagai Aspek di Sumsel

By Abdi Satria


nusakini.com-Palembang-Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri acara Silaturahmi sekaligus Mengukuhkan dan Melaunching Gerakan Pemberdayaan dan Kewirausahaan Sosial Nasional (GPKAN) periode 2022-2027 dengan Ketua Umum J. Riantoni Natakusuma bertempat Dining Hall Komplek Jakabaring Sport City, (19/07/2022)

Dalam sambutannya HD menyampaikan apresiasi atas terbentuknya GPKAN, Organisasi yang peduli terhadap peningkatan ekonomi, kesehatan dan pemberdayaan teknologi di Sumsel.

Inisiatif yang dilakukan GPKAN membuat Pemprov Sumsel akan semakin ringan dalam menjalankan tujuan.

"GPKAN bisa berjalan aktif dan agresif. Aktif tidak hanya aktifnya di kepengurusan, tapi juga harus agresif dalam penyelesaian permasalahan baik kesehatan, teknologi, pendidikan dan lain-lain. Apalagi pasca pandemi covid 19 saat ini" ujar HD.

Dijelaskan HD, dalam aspek teknologi, selama ini aplikasi pertemuan secara virtual yang selama ini tidak pernah atau jarang digunakan, namun karena pandemi maka semua orang terpaksa menggunakanannya. Dan ternyata melalui aplikasi virtual tersebut membuat jadi hemat dan efisien waktu.

"Untuk komitmen energi terbarukan, baru di Sumsel bekerjasama dengan PLN, di Kota Pagar Alam 100% energinya terbarukan, tapi baru sumberdaya listrik untuk rumah tangga dan perkantoran, belum pada sarana transportasi. Nah disini GPKAN bekerjasama dengan bank ss menyediakan kendaraan listrik dengan syarat kepemilikan yang mudah" kata HD

Sedangkan persoalan pendiidkan, infrastruktur secara bertahap sudah di benahi termasuk perangkat pelengkap. Hanya saja masih kurangnya SDM yaitu guru. Gpkan harus mencari solusi bagaimana ketersediaan guru terpenuhi.

"Untuk masalah kesehatan sudah saatnya dengan metode pencegahan (preventif) bukan dengan mengobati. Dengan pola hidup sehat, sanitasi yang baik, gizi yang cukup dan lainnya. Khusus masalah Narkoba, saat ini kita lagi bekerja sama dengan BNN Prov Sumsel , untuk membangun pusat rehabilitasi tingkat provinsi di Kab OKI. mudah2an ini akan menjadi sebuah kenyataan .(rls)