Guru Biologi di New York Ditangkap karena Vaksinasi Siswanya

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang guru sekolah di New York tanpa kualifikasi medis formal telah ditangkap karena diduga memberikan vaksin Covid kepada seorang siswa, kata para pejabat.

Polisi mengatakan Laura Russo memberikan dosis di rumahnya meskipun tidak memiliki izin hukum untuk memberikan suntikan, atau persetujuan dari orang tua anak laki-laki itu.

Russo, 54, yang mengajar biologi, ditahan pada Malam Tahun Baru dan bisa menghadapi empat tahun penjara jika terbukti bersalah.

Bocah berusia 17 tahun itu dikabarkan menginginkan vaksin tersebut.

Suntikan bisa berbahaya jika diberikan secara tidak benar. Dokter dan pekerja medis berlisensi harus memverifikasi bahwa vaksin tidak palsu atau kedaluwarsa. Pasien juga harus ditanya tentang riwayat kesehatan mereka dan reaksi mereka dipantau setelah suntikan.

AS melaporkan 1 juta kasus Covid dengan puncaknya masih akan datang

Polisi mengatakan tidak jelas bagaimana Russo memperoleh dugaan vaksin Covid, atau merek apa itu. Saat ini, tusukan Pfizer-BioNTech adalah satu-satunya yang diizinkan untuk orang Amerika di bawah 18 tahun.

Video insiden di Long Island tampaknya menunjukkan Russo memberi tahu remaja itu: "Anda akan baik-baik saja, saya harap."

"Ini dia. Vaksin di rumah," katanya.

Para pejabat mengatakan orang tua bocah itu menelepon polisi Nassau setelah dia pulang dan memberi tahu mereka apa yang telah terjadi.

"Dia telah mendapatkan vaksin," kata Komisaris Polisi Nassau Patrick Ryder. "Itu masih dalam penyelidikan tentang bagaimana dia mendapatkannya."

Pengawas Sekolah Menengah Herricks, tempat Russo bekerja, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa guru "adalah pegawai distrik yang telah dikeluarkan dari kelas dan ditugaskan kembali menunggu hasil penyelidikan", lapor CBS News.

Russo didakwa dengan praktik profesi yang tidak sah.

Sidang pengadilan telah dijadwalkan pada 21 Januari.